U Turn (film 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
U-Turn
SutradaraPawan Kumar
ProduserPawan Kumar
Ditulis olehPawan Kumar
PemeranShraddha Srinath
Radhika Chetan
Dileep Raj
Roger Narayan
Penata musikPoornachandra Tejaswi
SinematograferAdvaitha Gurumurthy
Sathya Hegde
Siddharth Suni
PenyuntingSuresh Armugam
Perusahaan
produksi
Pawan Kumar Studios
DistributorMysore Talkies
Tanggal rilis
  • 20 Mei 2016 (2016-05-20)
Durasi121 menit
NegaraIndia
BahasaKannada
Anggaran2.5 crore[1]

U Turn adalah sebuah film misteri seru India bahasa Kannada tahun 2016 yang ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Pawan Kumar. Film tersebut menampilkan Shraddha Srinath dalam peran utama. Roger Narayan, Dilip Raj dan Radhika Chetan tampil dalam peran-peran pendukung. Plot menceritakan tentang kematian pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas di suatu jalan layang di Bangalore dan kemudian pelakunya tertangkap oleh seorang jurnalis magang dan duo inspektur polisi.[2]

U Turn pertama kali dibuat ulang dalam bahasa Malayalam tahun 2017 dengan judul Careful. Sutradara Pawan Kumar membuat ulang film itu dengan dwibahasa Telugu-Tamil tahun 2018 dengan judul sama[3] - sehingga menjadikannya film bahasa Kannada ketiga yang dibuat ulang dalam tiga bahasa India Selatan lainnya setelah School Master dan Sampathige Savaal.

Film ini juga dibuat ulang dalam bahasa Sinhala tahun 2019 dengan judul sama - dengan demikian menjadi film bahasa Kannada kedua yang dibuat ulang dalam bahasa Sinhala setelah Anuraga Aralithu.

Pembuatan ulang dalam bahasa Filipina dengan nama yang sama dirilis dengan sistem bayar-untuk-tayang pada 30 Oktober 2020. Dengan itu, U Turn menjadi film India pertama yang dibuat ulang dalam bahasa Filipina.

Pembuatan ulang dalam bahasa Bengali berjudul Flyover dirilis pada 2 April 2021. Pembuatan ulang bahasa Hindi dengan judul yang sama diumumkan oleh Ekta Kapoor pada Juli 2021.

Setelah versi itu dirilis, itu akan menjadi film India ketiga yang dibuat ulang dalam tujuh bahasa setelah Nuvvostanante Nenoddantana dan Anuraga Aralithu. Itu adalah film Kannada ketujuh yang dibuat ulang dalam bahasa asing dan film Kannada kedua yang dibuat ulang dalam dua bahasa asing setelah Anuraga Aralithu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Actor-director Rakshit Shetty feels the challenge ahead is to keep the audience occupied". The Economic Times. 10 June 2016. Diakses tanggal 5 March 2017. 
  2. ^ "Samantha to bankroll remake of Kannada hit U Turn". The Indian Express. 2017-01-27. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  3. ^ "Kannada film U-Turn to be remade in Tamil, Telugu". India Today. 27 Januari 2017. Diakses tanggal 2022-12-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]