Universitas Muhammadiyah Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari UMC)
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Muhammadiyah Cirebon
Lambang Universitas Muhammadiyah Cirebon
Lambang Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Didirikan 28 September 2000
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Prof. Dr. H. Khaerul Wahidin, M.Ag
Lokasi , Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Kampus Kampus 1 : Jl. Tuparev No. 70, Cirebon Kode Pos: 45153
Kampus 2 :Jl. Perbutulan Watubelah, Sumber, Kabupaten Cirebon
Situs web http://umc.ac.id/

Universitas Muhammadiyah Cirebon (disingkat UMC) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. UMC didirikan pada 28 September 2000 dan dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

UMC didirikan sebagai perwujudan idealisme dan komitmen warga Muhammadiyah Cirebon untuk terus beramal shaleh, khususnya dalam bidang peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Gagasan pendirian PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) di Cirebon telah ada sejak 1962 dengan dibukanya FKIP Hukum dan FKIP Ekonomi. Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia yang ada pada saat itu penyelenggaraan pendidikan tersebut tidak dapat dilanjutkan.

Setelah sekian lama mengendap, gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tumbuh kembali dalam Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kota/Kabupaten Cirebon tanggal 6 Juli 1996. Menindaklanjuti amanat Musyda tersebut, pada 1998 berdiri AKPER Muhammadiyah. Pada 1999 menyusul Akademi Farmasi Muhammadiyah. Sempat pula berdiri Sekolah Teknologi Tekstil (STT) Muhammadiyah, namun keberadaannya tidak berlangsung lama.

Dalam Rapat Pimpinan PDM Kota/Kabupaten Cirebon tanggal 8 Desember 1999, disepakati untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Keputusan Rapim ini kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk Badan Pendiri UMC, yang segera melakukan konsolidasi, studi banding dan segala persiapan yang diperlukan. Proses pendirian melalui Kopertis Wilayah IV dan Dirjen Dikti melalui tahap-tahap yang tidak mudah.

Kerja keras BP UMC akhirnya mendapat dukungan berbagai pihak. Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Dikti kemudian merestui pendirian UMC. Maka pada 12 Agustus 2000 di proklamasikan berdirinya UMC dengan 8 Program Studi Jenjang D-III dan S1. Pendirian UMC ini kemudian diakui dan disahkan pemerintah melalui SK Mendiknas RI No 203/D/0/2000 tanggal 28 September 2000.

Rektor[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan, UMC telah tiga kali mengalami periode pergantian kepemimpinan. Ketiga Rektor yang pernah menjabat di UMC adalah sebagai berikut :

  1. Prof. Dr. Ir. H. Murasa Sarkaniputra
  2. Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd.
  3. Prof. Dr. H. Khaerul Wahidin, M.Ag.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

UMC memiliki 5 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Kesehatan
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.umc.ac.id