Tusuk pipih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tusuk pipih dari sutra. Detail bagian depan altar, Prancis atau Italia, 1730–40, Museum Seni Los Angeles County, M.2009.76.

Dalam menjahit dan menyulam, tusuk pipih adalah rangkaian jahitan datar yang digunakan untuk menutupi seluruh bagian kain latar.[1] Barisan tusuk pipih yang sempit dapat dilakukan pada mesin jahit standar dengan menggunakan tusuk biku atau sepatu tusuk pipih khusus.

Untuk menjaga tepian tetap halus, bentuk dapat digariskan dengan tusuk tikam jejak, tusuk belah atau tusuk rantai sebelum seluruh bentuk termasuk garis luarnya ditutup dengan tusuk pipih Dalam praktik tradisional, tusuk pipih digunakan untuk mengisi suatu area tanpa adanya garis luar, sehingga menghasilkan bentuk halus dan garis rata yang tercipta dari jahitan tersebut.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reader's Digest Complete Guide to Needlework. The Reader's Digest Association, Inc. (March 1992). ISBN 0-89577-059-8, p. 48
  2. ^ "How to Work Satin Stitch in Hand Embroidery". The Spruce Crafts (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 February 2024.