Turbonilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Turbonilla tennicula

Turbonilla adalah genus besarsiput laut ektoparasit, moluska gastropoda laut dalam keluarga Pyramidellidae, pyrams dan sekutunya.[1]Genus ini dalam keadaannya yang sekarang tidak monofiletik . Banyak spesies mungkin berakhir diklasifikasi ulang di genera lain. (komunikasi pribadi oleh Philippe Bouchet , pemimpin redaksi Mollusca di WoRMS).[2]

Ciri-ciri umum[sunting | sunting sumber]

Cangkang yang umumnya ramping, putih kebiruan hingga putih susu, semitransparan kurang lebih memanjang dan memiliki bentuk silinder-kerucut. Puncaknya sinistral . Protoconch yang dibalik, diratakan atau diproyeksikan terdiri dari 1½ hingga 3 lingkaran yang miring atau miring dari melintang ke sumbu. Teleoconch berisi banyak lingkaran planulat atau kurang lebih cembung . Ini kadang-kadang dipikul dan umumnya dihiasi dengan tulang rusuk memanjang yang kurang menonjol (= berkostum).

Ruang interkostal halus atau bersilangan dengan garis spiral yang kurang lebih jelas, menorehkan, kadang meninggi. Garis-garis spiral sering juga muncul di dasar cangkang, yang bervariasi dari pendek, sedikit membulat (lingkaran tubuh bersubangulasi di pinggiran), hingga memanjang dan membulat sempurna. Bentuk aperture bervariasi dari subquadrate dengan bibir columellar lurus, hingga bentuk lonjong-bulat telur, membulat sempurna dan diproduksi di bawah, dengan bibir columellar melengkung. Peritreme umumnya terputus-putus, jarang terus menerus. Bibir luar selalu tipis dan utuh. Bibir bagian dalam kurang lebih menebal dan terpantul, seringkali dengan lipatan atau lipatan yang tidak selalu terlihat dari luar. Columella vertikal, bukan plicate . Lipatan columellar tunggal, kekuatannya bervariasi. Operkulum terangsang adalah subspiral. Cangkang biasanya lebih kecil dari pada Pyramidella dan lebih besar dari pada Odostomia . Hewan itu memiliki tentakel yang lebar, mentum yang memanjang dan pipih , biasanya berlobus dua di depan. Kaki besar dan anterior auriculated.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Turbonilla Risso, 1826". www.marinespecies.org. Diakses tanggal 2022-12-10. 
  2. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Turbonilla semicostata Lozouet & Maestrati, 1982 †". www.marinespecies.org. Diakses tanggal 2022-12-10. 
  3. ^ United States National Museum; Museum, United States National (1909). Bulletin. Washington: G.P.O.