Turbodiesel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Turbocharger mesin diesel

Turbodiesel mengacu pada setiap mesin diesel dilengkapi dengan turbocharger. Turbocharger umum di mobil dan truk mesin diesel modern untuk menghasilkan keluaran tenaga yang lebih tinggi, tingkat emisi yang lebih rendah, dan meningkatkan efisiensi dari kapasitas mesin yang sama.[1] Turbodiesel di mobil menawarkan kelebihan daripada mesin diesel yang sama namun hanya naturally aspirated.[2]

Perbaikan pada daya, ekonomi bahan bakar, kebisingan, getaran, dan kekerasan di kedua turbodiesel berkapasitas kecil dan besar selama dekade terakhir telah memacu penggunaan mesin jenis ini tersebar luas di banyak pasar, terutama di Eropa di mana (per 2014) lebih dari 50% dari daftar penjualan mobil baru.[3][4] Turbodiesel umumnya dianggap lebih fleksibel untuk keperluan otomotif dari mesin diesel naturally aspirated, yang memiliki output torsi kuat pada kecepatan rendah tetapi tidak bertenaga pada kecepatan tinggi. Turbodiesel dapat dirancang untuk memiliki sebaran yang lebih dapat diterima baik pada tenaga dan torsi selama rentang kecepatan mereka atau jika dibuat untuk penggunaan komersial, dapat dirancang untuk meningkatkan baik torsi atau daya pada kecepatan tertentu tergantung pada penggunaan yang tepat. Mesin diesel naturally aspirated, hampir pasti memiliki output daya yang lebih rendah daripada mesin bensin berkapasitas yang sama. Sementara pada saat yang sama, mesin diesel membutuhkan komponen internal yang lebih kuat seperti piston dan crankshaft untuk menahan tekanan yang lebih besar akibat siklus operasi mesin diesel. Faktor-faktor ini memberikan mesin diesel naturally aspirated miskin rasio tenaga per berat. Berat unit turbocharger sangat kecil tetapi menawarkan kenaikan torsi dan peningkatan efisiensi yang signifikan. Pemasangan turbocharger dapat membuat rasio tenaga per berat mesin diesel setara dengan mesin bensinnya, membuat mesin turbodiesel semakin tertarik untuk dipakai pada penggunaan otomotif, di mana produsen bertujuan untuk output daya yang sebanding dan penanganan kualitas seluruh produk mereka, terlepas dari jenis dari unit daya yang dipilih.

Mazda3 dengan mesin turbodiesel common rail 1.6 liter (PSA) dengan variable geometry turbocharger, intercooler, 16 katup, DOHC dan injeksi langsung 7-tahap yang dikontrol piezo.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Power for the Future, Dan McCosh. Popular Science Oct 1993
  2. ^ Motoring with David Tomlinson. Country life, Volume 186. S.n, 1992
  3. ^ Diesel in America
  4. ^ "Exxon's contrarian bet on diesel", International New York Times #40,847, 11 July 2014, page 15