Turbo C

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Turbo C adalah sebuah perangkat lunak lingkungan pengembangan terpadu (IDE) serta kompiler bahasa pemrograman C yang dibuat oleh Borland. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1987 dan terkenal atas fitur-fitur yang dimilikinya seperti IDE, ukurannya yang kecil, kemampuan kompilasi yang sangat cepat, keberadaan buku manual yang lengkap, serta harganya yang relatif terjangkau.

Pada bulan Mei 1990, Borland menggantikan Turbo C dengan Turbo C++. Tahun 2006, Borland mengenalkan kembali keluarga kompiler Turbo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses dengan Turbo Pascal, Borland memperkenalkan kembali tiga sistem pengembangan yang mengikuti konsep yang dibawa pada Turbo Pascal: Turbo Basic, Turbo Prolog, serta Turbo C.

Turbo C memiliki banyak kesamaan fitur seperti yang terdapat pada Turbo Pascal: keberadaan IDE, kompiler yang cepat, keberadaan editor yang baik, dan harga yang relatif murah. Meski demikian, pemasaran Turbo C tidak sesukses seperti halnya Turbo Pascal karena; Bahasa pemrograman C bukan merupakan bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah seperti halnya Pascal, tapi lebih merupakan bahasa yang digunakan oleh kalangan profesional dalam pemrograman komputer. Pada prakteknya, pemasaran Turbo C berkompetisi dengan produk lain yang ditujukan untuk kalangan profesional saat itu seperti Microsoft C, Lattice C, Watcom C, dan lain-lain. Meski demikian, Turbo C masih memiliki keunggulan atas kecepatan kompilasi, kemampuan untuk digunakan pada proyek pengembangan perangkat lunak yang besar dengan harga kompiler yang ditawarkan dengan cukup murah.

Sejarah versi[sunting | sunting sumber]

Antar muka Turbo C 1.0
  • Versi 1.0, 13 May 1987 - Versi ini menawarkan lingkungan pengembangan bermodus edit-kompilasi-jalankan untuk bahasa C pada komputer keluarga IBM PC. Perangkat lunak ini, seperti halnya banyak produk Borland lainnya pada saat itu, dibeli dari perusahaan lain dan dipasarkan kembali dengan menyertakan nama "Turbo", pada kasus ini asal mula Turbo C adalah Wizard C yang dikembangkan oleh Bob Jervis[1][2]
Antar muka Turbo C 1.5
  • Versi 1.5, Januari 1988 - Versi ini merupakan versi pembenahan serta peningkatan atas versi sebelumnya. Pada versi ini disertakan lebih banyak contoh-contoh program, kualitas manual yang ditingkatkan, dan pembenahan lainnya. Turbo C pada versi ini dipaketkan dalam lima buah disket berkapasitas 360 KB.
Antar muka Turbo C 2.0
  • Versi 2.0, tahun 1989 - Versi ini sebenarnya dirilis di Amerika Serikat pada akhir tahun 1988. Versi inilah yang pertama kali membawa serta lingkungan IDE bernuansa biru yang kemudian menjadi ciri khas semua kompiler keluarga "Turbo" yang dipasarkan Borland.

Catatan pada rilis berikutnya: Penamaan "Turbo C" tidak lagi digunakan setelah versi 2.0, hal ini disebabkan karena Turbo C++ 1.0 yang dirilis tahun 1990, merupakan gabungan dari Turbo C dengan fitur pemrograman berorientasi obyek ke dalam sebuah produk.

Rilis gratis dan penggunaan untuk pendidikan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2006, Penerus Borland, Embarcadero Systems, merilis kembali kompiler Turbo C serta versi MS DOS dari kompiler Turbo C++ secara gratis.[3] Hal ini banyak diadopsi secara luas untuk kebutuhan pendidikan, utamanya di India yang menggunakan bahasa pemrograman C sebagai bahasa pemrograman yang diajarkan di bangku sekolah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Grand Prix. Turbo C – Noch schneller? c't 8/87 S. 46ff., Heise Verlag

Pranala luar[sunting | sunting sumber]