Tunggang tangkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tunggang tangkas di Kentucky Horse Park

Tunggang tangkas, [1] paling sering digambarkan sebagai senam dan menari di atas kuda, yang dapat dilakukan baik secara kompetitif maupun non-kompetitif. Tunggang tangkas memiliki sejarah sebagai aksi berkuda di sirkus, [2] [3] tetapi asal usulnya sudah ada sejak setidaknya dua ribu tahun yang lalu. Ini terbuka untuk pria dan wanita dan merupakan salah satu dari sepuluh disiplin ilmu berkuda yang diakui oleh Federasi Internasional untuk Olahraga Berkuda (Fédération Équestre Internationale atau FEI ). [4] Tunggang tangkas terapeutik atau interaktif juga digunakan sebagai kegiatan untuk anak-anak dan orang dewasa yang mungkin memiliki keseimbangan, perhatian, keterampilan motorik kasar, atau defisit sosial.

Penggemar tunggang tangkas terkonsentrasi di Eropa dan belahan dunia Barat lainnya. Hal ini terutama terjadi di Jerman dan Swiss. Tunggang tangkas pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1950an dan 60an tetapi terbatas hanya di California dan wilayah lain di pantai barat. [5] Pada tahun 2010, ini mulai mendapatkan popularitas di Amerika Serikat bagian timur laut.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Beberapa orang percaya bahwa asal mula tunggang tangkas dapat ditelusuri ke permainan Romawi kuno, di mana pemain akrobat biasanya menampilkan keahlian mereka dalam berlari kencang. Namun, ada pula yang percaya bahwa lompat banteng berasal dari Kreta kuno , tempat lompat banteng lazim dilakukan. Apa pun kasusnya, manusia telah melakukan gerakan akrobatik dan seperti tarian di atas (atau di atas) punggung kuda/hewan yang bergerak selama lebih dari 2.000 tahun.

Sejarah Renaisans dan Abad Pertengahan mencakup banyak referensi tentang tunggang tangkas atau aktivitas serupa. Nama olahraga/seni saat ini berasal dari bahasa Prancis la voltige, yang diperoleh pada masa Renaisans, yang merupakan bentuk latihan berkuda dan latihan ketangkasan bagi pengendara kavaleri.

Tunggang tangkas modern dikembangkan di Jerman pasca perang sebagai inisiatif untuk memperkenalkan olahraga berkuda kepada anak-anak.

Pada tahun 1983, tunggang tangkas menjadi salah satu disiplin ilmu yang diakui oleh FEI. Kejuaraan Eropa pertama kali diadakan di Ebreichsdorf , Austria pada tahun 1984, dan Kejuaraan Tunggang Tangkas Dunia FEI pertama diadakan di Bulle , Swiss pada tahun 1986. Tunggang tangkas dimasukkan dalam Permainan Berkuda Dunia di Stockholm pada tahun 1990 dan di semua edisi permainan berikutnya. Itu ditunjukkan sebagai seni selama acara Olimpiade 1984 dan 1996. Telah diikutsertakan dalam Piala Inter-Afrika sejak tahun 2006.

Kompetisi Tunggang Tangkas Piala Dunia pertama diadakan di Leipzig pada tanggal 29-30 April 2011

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Voltiging Federation of Ontario". Horses of the Sun, Canada. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 October 2011. 
  2. ^ Loxton, Howard (1997). The golden age of the circus. New York, NY: Smithmark. hlm. 38. ISBN 978-0-7651-9909-6. 
  3. ^ The New Encyclopædia Britannica (edisi ke-[New ed.].). Chicago, Ill.: Encyclopædia Britannica Inc. 2003. hlm. 419, volume 16. ISBN 978-0-85229-961-6. 
  4. ^ "About us – standards". Fédération Équestre Internationale. 
  5. ^ "Alumni Only - American Vaulting Association". www.americanvaulting.org. 
  6. ^ La Gorce, Tammy (25 March 2010). "Equestrian Vaulting Gains Fans in the Northeast". The New York Times.