Tunas Baru Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT. Tunas Baru Lampung Tbk
Publik (IDX: TBLA)
Industriperkebunan
Didirikan1981
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
Widarto
Produkperkebunan
PendapatanUSD 235.4 million (2016)
Rp 621 billion (2016)
Karyawan
3.565 (2016)
Situs web[1]

PT. Tunas Baru Lampung Tbk (IDX: TBLA) merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi perkebunan yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan perkebunan. Pada awal berdirinya, perusahaan ini masuk menjadi salah satu anggota dari Sungai Budi Group yang telah berdiri sejak tahun 1947. Sungai Budi Group sendiri merupakan pelopor dalam industri pertanian yang ada di Indonesia. Keterlibatan Tunas Baru Lampung ini dalam salah satu kelompok usaha pertanian diharapkan dapat membantu dalam pembangunan negara, khususnya dalam bidang pertanian. Bersama dengan perusahaan lain seperti PT Budi Acid Jaya Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan tepung tapioka yang terbesar di Indonesia yang juga terdaftar dalam anggota Sungai Budi Group, perusahaan ini telah berperan dalam tumbuh kembang sektor pertanian secara nasional.

Sejak mulai beroperasi di Lampung beberapa tahun silam, perusahaan telah berkomitmen untuk terus mengambangkan sayap bisnisnya. Salah satunya dengan menjadi salah satu produsen minyak goreng nabati berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi konsumen Tanah Air. Dalam perkembangannya, perusahaan ini juga berhasil melakukan penawaran umum perdana dengan mengubah status perusahaan menjadi perusahaan terbuka. Dengan ini, perusahaan telah berhasil mencatatkan saham perusahaan untuk pertama kali di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sejak tanggal 14 Februari 2000.

Beberapa produk buatan Tunas Baru Lampung antara lain minyak goreng dengan kapasitas produksi pabrik yang ada di Lampung dan Jawa Timur sebesar 400.000 ton per tahun. Selain itu perusahaan juga telah memproduksi minyak kelapa dengan kapasitas per tahun-nya sekitar 129.167 ton yang telah diproduksi di pabrik yang ada di Lampung dan Riau. Pabrik lainnya yang ada di Lampung juga telah memproduksi sabun dengan kapasitas produksi sebesar 27.450 ton tiap tahun. Minyak mentah buatan tiga pabrik yang ada di Lampung, Sumatra Selatan dan Lampung mampu menampung produksi sebanyak 900.000 ton, 225.000 ton dan 225.000 ton tiap tahunnya. Di samping itu perusahaan juga memproduksi stearin, gula halus dan beberapa produk olahan lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]