Tumblelog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Tumblelog adalah bentuk variasi dari sebuah blog dengan kelebihan pada bentuk yang singkat dan dapat melakukan posting tidak hanya dalam bentuk tulisan, namun juga dapat dicampur dengan bentuk media lain yang terkait dengan blogging.

Umumnya format lain yang ditemukan pada tumblelog termasuk pranala, foto, lagu, kutipan pembicaraan, kutipan catatan, dan video. Tidak seperti blog, tumblelog sering digunakan untuk berbagi ciptaan, penemuan, atau pengalaman sang penulis dengan sedikit atau bahkan tanpa komentar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah tumblelog diciptakan oleh Why the lucky stiff dalam sebuah blog post pada 12 April 2005 saat menggambarkan Anarchaia milik Chris Neukirchen.

"Blogging telah bermutasi ke bentuk yang lebih sederhana (khususnya pada varian pranala- dan mob- dan aud- dan vib-), namun saya rasa saya tidak pernah melihat sebuah blog seperti Anarchaia milik Chris Neukirchen yang menggabungkan sekumpulan kutipan dalam bentuk yang beragam (pranala, kutipan catatan, flickrings) pada sebuah tumblelog yang sempit, panjang dan berbeda."

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Tumblelog lebih banyak digunakan sebagai bentuk campuran pranala dan penemuan online. Namun, kini menjadi lebih populer untuk tumblers menggunakan blog untuk upaya-upaya kreatif dan seni. bentuk singkat tumblelog menjadikannya cukup sederhana bagi para seniman untuk menampilkan foto-foto baru maupun karya seni.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]