Tudung telinga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wanita mengenakan tudung telinga termal cuaca dingin

Penutup telinga atau tudung telinga dalah aksesori pakaian atau alat pelindung diri yang dirancang untuk menutupi telinga seseorang untuk perlindungan atau kehangatan pendengaran . Mereka terdiri dari ikat kepala termoplastik atau logam yang dipasang di bagian atas atau belakang kepala, dan bantalan atau cangkir di setiap ujungnya untuk menutupi telinga.

Cuaca dingin[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penutup Telinga Termal ditemukan oleh Chester Greenwood dari Farmington, Maine pada tahun 1873, ketika dia berusia 15 tahun. [1] Dia dilaporkan mendapatkan idenya saat seluncur es, dan meminta neneknya untuk menjahit jumbai bulu di antara simpul kawat.[2] Patennya adalah untuk pelindung telinga yang lebih baik, yang dia dan karyawan lokalnya produksi di area Farmington selama hampir 60 tahun. [1]

Penutup telinga vs. topi[sunting | sunting sumber]

Dua orang mengenakan penutup telinga di belakang leher

Penutup telinga termal dipakai untuk perlindungan dari hawa dingin. Karena telinga memanjang dari sisi kepala untuk mengumpulkan gelombang suara, mereka memiliki rasio luas permukaan kulit terhadap volume yang tinggi, dan jaringan otot yang sangat sedikit, menyebabkan mereka menjadi salah satu bagian tubuh pertama yang menjadi tidak nyaman dingin. suhu turun. Beberapa orang mengalami ketidaknyamanan ini meskipun sebagian besar tubuhnya hangat dan nyaman, terutama selama aktivitas berat. Angin seringkali dapat menyebabkan telinga menjadi jauh lebih dingin daripada bagian kepala lainnya. Ketika telinga terasa sangat dingin dan bagian tubuh lainnya jauh lebih hangat, menggunakan topi musim dingin atau tudung jaket untuk menutupi telinga dapat menyebabkan kepala atau badan menjadi panas dan tidak nyaman, yang dapat memicu keringat di kepala, bahaya. kondisi cuaca dingin. Penutup telinga hanya dapat digunakan untuk menghangatkan telinga, menghindari bagian tubuh lain yang terlalu panas atau memerangkap panas buangan akibat gerakan berat.

Jenis penutup telinga termal[sunting | sunting sumber]

Ada dua jenis utama penutup telinga termal. Satu jenis memiliki struktur yang mirip dengan penyuara kepala besar, dengan tali di bagian atas kepala. Tipe lain memiliki dua perangkat telinga bulat yang terbuat dari bahan yang dapat menghasilkan panas, dihubungkan dengan ikat kepala tebal yang melingkari dan di belakang kepala. Beberapa ikat kepala cukup tebal dan lebar untuk menghangatkan telinga, dan disebut "penutup telinga" jika digunakan dengan cara ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Entrepreneurs | Maine Secretary of State Kids' Page". www.maine.gov. Diakses tanggal 2019-12-12. 
  2. ^ Long. Wired. ISSN 1059-1028.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);