Tri Handoko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tri Handoko

Tri Handoko atau Handoko (sapaan akrabnya) lahir di Blitar, Jawa Timur. Ia memulai kariernya dengan belajar di Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo pada tahun 1989. Pada tahun yang bersamaan ia juga turut berpartisipasi dalam Lomba Disain Busana (LDB) yang diadakan oleh Majalah Sarinah dan memenangkan piala Runner-Up untuk kategori Casual Wear.

Setelah menyelesaikan studinya di LPTB Susan Budiharjo, Handoko memutuskan untuk melanjutkan studinya di School of Visual Arts, Australia, jurusan Fashion Design. Pada tahun 1992, Handoko kembali ke tanah air dan merintis kariernya. Sampai pada tahun 1997, ia bekerja sebagai seorang intern untuk beberapa perancang busana terkemuka Indonesia seperti Alex AB, Biyan, dan Space.

Beberapa tahun kemudian, Tri Handoko memutuskan untuk memulai labelnya sendiri yang bernamakan "FRANTHO by Tri Handoko." Akhirnya, ia menamakan label sesuai dengan namanya sendiri "TRI HANDOKO" pada tahun 2002.

Pada tahun 2004, Tri Handoko mendapatkan penghargaan "The Upcoming Designer" oleh Nokia Fashion Award 2004. Pada tahun yang sama, ia juga mendapatkan penghargaan "The Most Favourite Designer" oleh Mercedes Benz Fashion Festival 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]