Transistor kontak titik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Transistor kontak titik adalah jenis transistor pertama yang berhasil didemonstrasikan. Ini dikembangkan oleh ilmuwan penelitian John Bardeen dan Walter Brattain di Bell Laboratories pada bulan Desember 1947. Mereka bekerja dalam kelompok yang dipimpin oleh fisikawan William Shockley. Kelompok ini telah bekerja sama dalam eksperimen dan teori efek medan listrik pada material padat, dengan tujuan mengganti tabung vakum dengan perangkat lebih kecil yang mengonsumsi daya lebih sedikit.[1][2]

A stylized replica of the point-contact transistor invented at Bell Labs on December 23, 1947
An early model of a transistor

Replika transistor kontak titik yang ditemukan di Bell Labs pada tanggal 23 Desember 1947 Eksperimen kritis, yang dilakukan pada tanggal 16 Desember 1947, terdiri dari blok germanium, sebuah semikonduktor, dengan dua kontak emas yang berjarak sangat dekat ditahan oleh pegas. Brattain menempelkan selembar kertas emas kecil di atas titik segitiga plastik—konfigurasi yang pada dasarnya adalah dioda kontak titik. Dia kemudian dengan hati-hati mengiris emas di ujung segitiga. Hal ini menghasilkan dua kontak emas yang terisolasi secara elektrik yang sangat dekat satu sama lain.

Sepotong germanium menggunakan lapisan permukaan dengan elektron berlebih. Ketika sinyal listrik masuk melalui kertas emas, ia menyuntikkan lubang elektron (titik yang kekurangan elektron). Hal ini menciptakan lapisan tipis yang memiliki kelangkaan elektron.

Arus positif kecil yang diterapkan pada salah satu dari dua kontak mempunyai pengaruh pada arus yang mengalir antara kontak lainnya dan alas di mana balok germanium dipasang. Faktanya, perubahan kecil pada arus kontak pertama menyebabkan perubahan yang lebih besar pada arus kontak kedua; jadi itu adalah penguat. Terminal masukan arus rendah ke dalam transistor kontak titik adalah emitor, sedangkan terminal keluaran arus tinggi adalah basis dan kolektor. Ini berbeda dari jenis transistor sambungan bipolar yang ditemukan pada tahun 1951 yang beroperasi seperti transistor yang masih berfungsi, dengan terminal masukan arus rendah sebagai basis dan dua terminal keluaran arus tinggi sebagai emitor dan kolektor.

Transistor kontak titik dikomersialkan dan dijual oleh Western Electric dan lainnya tetapi akhirnya digantikan oleh transistor sambungan bipolar, yang lebih mudah dibuat dan lebih kokoh. Transistor kontak titik masih diproduksi hingga sekitar tahun 1966, saat transistor silikon planar mendominasi pasar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoddeson, Lillian (1981). "The Discovery of the Point-Contact Transistor". Historical Studies in the Physical Sciences. University of California Press. 12 (1): 41–76. doi:10.2307/27757489. JSTOR 27757489. 
  2. ^ Cressler, John (2017). Silicon Earth: Introduction to Microelectronics and Nanotechnology (edisi ke-2). CRC Press. hlm. 3-22. ISBN 9781351830201.