Transient Ischemic Attack

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Transient Ischemic Attack, atau dikenal juga dengan singkatan TIA, atau stroke ringan, adalah episode singkat saat terjadinya disfungsi neurologi akibat iskemia (hilangnya aliran darah), yang bisa terjadi di otak, sumsum tulang belakang, atau retina mata, tanpa adanya infark (kematian jaringan).

TIA memiliki penyebab yang hampir sama dengan stroke, yaitu terhalangnya aliran darah ke pusat saraf. Gejala TIA bisa menghilang dalam 24 jam atau kurang, walaupun yang terlihat mirip dengan stroke, misalnya kelumpuhan sebelah, atau lemah atau baal tiba-tiba. TIA juga bisa meredupkan atau menghilangkan penglihatan secara tiba-tiba, tercekik, kesulitan bicara, dan kebingungan mental. Tapi tidak seperti stroke yang biasanya, TIA terjadi dalam hitungan menit atau kurang dari 24 jam. Namun kerusakan otak tetap bisa terjadi walaupun hanya berlangsung dalam hitungan menit. Mereka yang pernah mengalami TIA, memiliki faktor risiko mengalami stroke atau stroke senyap.



Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.