Transfield Holdings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Transfield Pty. Ltd. adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1956 oleh imigran insinyur listrik asal Italia, Franco Belgiorno-Nettis, dan kemudian bermitra dengan koleganya dari EPT (Electric Power Transmission, anak usaha Societa' Anonima Elettrificazione asal Milan, yang merupakan kontraktor saluran listrik udara), Carlo Salteri. Logo perusahaan ini dirancang oleh Belgiorno-Nettis, dan menampilkan sebuah menara transmisi listrik dengan kilatan listrik berwarna merah, untuk mencerminkan asal usulnya, yakni dari industri ketenagalistrikan.

Saltieri dan Belgiorno-Nettis pun berhasil membawa Transfield menjadi salah satu perusahaan tersukses di Australia, dengan fokus pada proyek teknik besar, seperti jembatan, terowongan, bendungan, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga air, anjungan pengeboran, aula konser, pabrik gula, dan saluran listrik udara. Transfield pun berhasil membangun Gateway Bridge di Brisbane serta Terowongan Pelabuhan Sydney. Pada awal dekade 1980-an, Transfield mempekerjakan 3.000 orang dengan omzet mencapai A$350 juta, dan lima tahun kemudian, perusahaan ini berhasil tumbuh menjadi perusahaan teknik terbesar di Asia Tenggara. Transfield juga mengakuisisi Williamstown Dockyard asal Melbourne, dan pada tahun 1989 berhasil memenangkan kontrak senilai A$6 miliar untuk membangun sepuluh Fregat kelas ANZAC untuk pemerintah Australia dan Selandia Baru, yang merupakan kontrak pertahanan terbesar pada saat itu.[1][2] Saat mengunjungi Australia pada tahun 1986, Paus John Paul II pun berkeliling di pabrik Transfield di Seven Hills.[3]

Transfield juga mendirikan galangan kapal di Australia dengan nama AMECON, yang kemudian diubah menjadi Transfield Defence Systems, dengan sukses memproduksi dua fregat FFG7 - Kelas Oliver Hazard Perry untuk Angkatan Laut Australia. Perusahaan ini kemudian juga memenangkan kontrak Proyek Kapal Anzac,[2] untuk memproduksi 10 Fregat kelas Anzac, yang mana delapan unit untuk Angkatan Laut Australia, dan sisanya untuk Angkatan Laut Selandia Baru.

Pada tahun 1989, Salteri dan Belgiorno-Nettis mmengundurkan diri dari jabatannya sebagai direktur utama Transfield Holdings, dan digantikan oleh anak tertuanya, Paul Salteri dan Marco Belgiorno-Zegna.[4] Pada tahun 1995, terjadi perselisihan antara Salteri dan Belgiorno-Nettis, sehingga perusahaan yang pada saat itu bernilai A$733.2 juta ini akhirnya dibagi menjadi dua.[1] Keluarga Belgiorno-Nettis tetap memakai nama Transfield, karena telah lebih dulu mendirikan Divisi Operasi dan Perawatan pada tahun 1993 di Mobil Altona, Victoria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b FitzSimons, Peter (22 October 2010). "Laying foundations of modern Australia". The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 31 July 2011. 
  2. ^ a b Easrnshaw, Dr Paul (September–October 1997). "The Australian Frigate Project" (PDF). Australian Defence Force Journal. Australia: Department of Defence (127). Diakses tanggal 24 April 2009. 
  3. ^ "Carlo Salteri AC". Public notice. Tenix Group. October 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2011. Diakses tanggal 31 May 2011. 
  4. ^ "Transfield co-founder Carlo Salteri dies". The Age. Australia. AAP. 13 October 2010. Diakses tanggal 31 July 2011.