Transfez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Transfez adalah perusahaan fintech remitansi berlisensi di Indonesia yang didirikan oleh Edo Windratno dan Bondan Herumurti[1]

Transfez menyediakan layanan pengiriman ke luar negeri uang dari Indonesia dan Singapura. Transfez mengklaim dapat menghemat biaya transaksi hingga 91%[2] jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional.

Dalam kegiatannya, Transfez diawasi oleh Bank Indonesia sebagai institusi remitansi resmi dengan nomor izin: 13/77/DASP/30. Selain oleh Bank Indonesia, Transfez juga beroperasi di bawah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) di bawah peraturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT): 19/10/PBI/2017.

Transfez
Transfez
Nama asli
PT. Indo Koala Remittance
IndustriFinancial Technology
PendiriEdo Windratno dan Bondan Herumurti
Karyawan
<100
Situs webhttps://www.transfez.com/

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide mendirikan Transfez[3] bermula dari ketidakefektifan dan berbagai kesulitan dalam pembayaran lintas batas negara, serta layanan yang belum efektif yang dialami oleh founder ketika menjalani bisnis ekspor impor pada saat itu.

Dari kesulitan yang dialami tersebutlah kemudian tercetus ide untuk mendirikan Transfez sebagai platform pembayaran lintas negara yang efektif dan juga mudah untuk digunakan.

Saat pertama didirikan pada awal 2020, Transfez hanya melayani pengiriman uang dari Indonesia ke 37 negara.

Pada tahun 2021, Transfez melakukan ekspansi bisnis dari segi penambahan jumlah koridor negara penerima sebanyak 50+ negara di berbagai belahan dunia baik untuk kebutuhan personal, maupun bisnis. Kemudian, Transfez mulai melebarkan sayapnya dengan membuka layanan pengiriman uang dari Singapura.

Transfez Bisnis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021, Transfez membuka layanan Transfez Bisnis. Layanan ini berfokus untuk memberikan layanan pengiriman uang ke luar negeri dan dalam negeri bagi para pelaku usaha.

Layanan Transfez Bisnis dapat digunakan oleh para importir, eksportir, Organisasi Non Pemerintahan (NGO), perusahaan logistik, perusahaan agen travel, e-commerce untuk pembayaran invoice, pembayaran gaji, serta kebutuhan bisnis lainnya. Layanan ini dapat membantu bisnis untuk pengiriman uang yang aman, mudah dengan biaya rendah.

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2021, Transfez mengumumkan masuknya pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures dan juga BEENEXT.[4]

Daftar Negara Tujuan yang Dilayani Transfez[sunting | sunting sumber]

Transfez untuk saat ini telah melayani pengiriman uang ke puluhan negara yang ada di dunia dari berbagai benua. Berikut adalah beberapa negara yang dapat dijadikan tujuan pengiriman uang dari Transfez:

Asia pasifik
Australia
Bangladesh
Tiongkok
Filipina
Hong Kong
Kamboja
Jepang
Korea Selatan
Malaysia
Nepal
Pakistan
Singapura
Sri Lanka
Thailand
Vietnam
Eropa
Austria
Belgia
Siprus
Estonia
Rusia
Finlandia
Irlandia
Italia
Jerman
Latvia
Lithuania
Luksemburg
Malta
Monako
Belanda
Polandia
Portugal
Prancis
Ceko
Saint Pierre dan Miquelon
San Marino
Slovakia
Slovenia
Spanyol
Inggris
Yunani
Amerika
Amerika Serikat
Brazil
Meksiko
Afrika
Afrika Selatan
Benin
Ghana
Mali
Nigeria
Pantai Gading

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walfajri, Maizal (19 Mei 2021). "Fintech remitansi Transfez raih seed funding dari East Ventures dan BEENEXT". Kontan. Diakses tanggal 1 November 2021. 
  2. ^ Team, Mime Asia (2019). "Transfez Claims to Save Service Fee to Send Money Abroad Up to 91%". Mime. Diakses tanggal 1 November 2021. 
  3. ^ "Do First | 交易数量1年内增长30倍,印尼新晋跨境支付玩家是如何做到的?". Weixin QQ. 30 Agustus 2021. Diakses tanggal 1 November 2021. 
  4. ^ Redaksi (19 Mei 2021). "SERVICESTransfez Raih Seed Funding dari East Ventures dan BEENEXT". Marketing. Diakses tanggal 1 November 2021.