Traktat Adams–Onís

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peta yang menunjukkan hasil Traktat Adams–Onís.

Traktat Adams–Onís tahun 1819, juga disebut Traktat Transkontinental atau Pembelian Florida,[1] atau Traktat Florida,[2] adalah traktat yang ditandatangani oleh Amerika Serikat dan Spanyol pada tahun 1819 yang menyerahkan Florida kepada Amerika Serikat dan menetapkan batas antara Amerika Serikat dengan Spanyol Baru (kini Meksiko). Perjanjian ini menyelesaikan sengketa wilayah antar kedua negara dan dianggap sebagai keberhasilan diplomasi Amerika Serikat. Sebelumnya, Florida membebani Spanyol karena Spanyol tidak dapat mengirim cukup penetap dan garnisun. Madrid memutuskan untuk menyerahkan wilayah tersebut kepada Amerika Serikat dan sebagai gantinya menyelesaikan sengketa perbatasan di Sungai Sabine di Texas Spanyol. Traktat ini juga menetapkan batas (klaim) wilayah Amerika Serikat di sebelah barat Pegunungan Rocky, dan sebagai gantinya Amerika Serikat membayar klaim warga Amerika Serikat kepada pemerintah Spanyol sebesar $5.000.000 dan mencabut klaim Amerika Serikat atas wilayah Spanyol di sebelah barat Sungai Sabine dan wilayah Spanyol lainnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bailey, Hugh C. (1956), "Alabama's Political Leaders and the Acquisition of Florida" (PDF), Florida Historical Quarterly 35 (1): 17–29, ISSN 0015-4113 .
  • Bemis, Samuel Flagg (1949), John Quincy Adams and the Foundations of American Foreign Policy, New York: A. A. Knopf , the standard history.
  • Brooks, Philip Coolidge. Diplomacy and the borderlands: the Adams-Onís treaty of 1819 (1939)
  • Weeks, William E. (1992), John Quincy Adams and American Global Empire, Lexington: University Press of Kentucky, ISBN 0-8131-9058-4 .
Sumber

Pranala luar[sunting | sunting sumber]