Tour de Singkarak 2016

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tour de Singkarak 2016
Tur Asia UCI
Informasi umum balapan
Tanggal 6 – 14 Agustus 2016
Etape 8
Jarak 1.100 km (683,5 mi)
Pemenang
Pertama  Amir Kolahdouzhagh (Iran) (Pishgaman Cycling Team)
2015
2017

Tour de Singkarak 2016 adalah ajang balap sepeda yang ke-8 diadakan di Provinsi Sumatera Barat. Lomba diadakan pada tanggal 6 Agustus 2016 sampai tanggal 14 Agustus 2016. 25 tim beradu kecepatan sepanjang 1.100 Km berasal dari 30 negara, di antaranya 19 tim berasal dari luar negeri, sedangkan dari Indonesia sebanyak enam tim. 19 tim luar negeri berasal dari Malaysia, Singapura, Laos, Taiwan, Jepang, Swis, Korea, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Filipina, Hong Kong, dan Kenya. Sedangkan dari dalam negeri yakni tim nasional Indonesia, Prima Indonesia, BRCC Banyuwangi, SAKB Jawa Barat, dan tim dari Sumatera Barat.

TDS 2016 ini dinilai sebagai ajang balap yang populer di dunia. Ada beberapa indikator sehingga kejuaraan dengan kategori 2.2 ini menjadi yang populer versi www.worldcyclingstats.com diantaranya adalah gencarnya pemberitaan di media massa, media sosial hingga keterlibatan masyarakat kejuaraan yang juga sebagai media untuk pengenalan pariwisata di wilayah Sumatera Barat.

Kejuaraan Tour de Singkarak dipastikan akan terus berjalan karena persiapan untuk pelaksanaan tahun depan sudah dibahas termasuk pemerintah daerah akan menjadi lokasi start dan finis setiap etape. Bahkan, Bukittinggi telah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah untuk finis terakhir kejuaraan bergengsi ini. Untuk lokasi start dipastikan di Tanah Datar.

Etape[sunting | sunting sumber]

Etape 1 Sabtu 6 Agustus 2016, dimulai dari Kabupaten Solok dan finish di Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km:

Start dari Dermaga Danau Singkarak melewati Ombilin-Rambatan-Pasar Batu Sangkar-Pasar Baso-Kantor Balai Kota Payakumbuh-Limbukan-Labuh Basilang-Pasar Ibuh-Tugu Adipura-Simpang Kaniang,-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda dan finish di Ngalau.

Etape 2 Minggu 7 Agustus 2016, dimulai dari Limapuluh Kota dan finish di Tanah Datar dengan panjang rute 119,5 km:

Start Lembah Harau Waterfall dan melewati Pertigaan Simpang Sariklamak-Lubuk Bangku-Kelok Sambilan-Sariklamak-Simpang Kaniang Bukik-Tugu Adipura-Tugu Labuh Basilang-Pasar Halaban-Pauh Tinggi-Balai Tangah-Sitangkai-Guguak Cino-Stadion Batusangkar dan finish di Istano Basa Pagar.

Etape 3 Senin 8 Agustus 2016, dimulai dari Pasaman dan finish di Pasaman Barat dengan panjang rute 122,8 km:

Start Equator Bonjol Pasaman dan melewati Lurah Barangin-Taman Hutan Kota, KKKA-Kota Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Cubadak-Duo Koto-Talamau-Talu-Pasar Simpang Empat dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat.

Etape 4 Selasa 9 Agustus 2016, dimulai dari Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km:

Start dari Markas Secata Padangpanjang melewati Serambi Mekkah-Fly Over-Terminal-Bak Air-Jalan Raya Bukittinggi Padang-Sicincin-Simpang Jagung-Tugu Tabuik-Kota Pariaman-Simpang Apar-Naras-Sungai Limau-Tiku-Lubuk Basung-Maninjau-Kelok 44-Embun Pagi dan finish di Lawang Park.

Etape 5 Rabu 10 Agustus 2016, dimulai dari Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km:

Start Pantai Carocok melewati Tugu Uha -Jalan Abdul Muis-Jalan Prof Dr Hamka-Bukit Putus-Terminal Sago-Bayang-Tarusan-Barung Belantai-Teluk Kabung-Bungus-Bukit Lampu-Teluk Bayur-Gran Zuri-Simpang Kandang-Kantor Gubernur Sumbar-Simpang DPRD-Simpang Bandara-Simpang Tugu Ikan-Simpang By Pass-Simpang Padusunan-Simpang Cubadak Air-Simpang Apar-Simpang Tugu Tabuik-Simpang Terminal-Gapura Pantai Kata dan finish di Pantai Gandoriah.

Etape 6 Kamis 11 Agustus 2016, dimulai dari Padangpariaman dan finish di Sawahlunto dengan panjang rute 149 km:

Start dari Pantai Tiram-Simpang Ulakan-Pauh Kambar-Simpang Parit Malintang-Jalan Raya Padang Bukittinggi-Fly Over-Bypass -Simpang Lubuk Bagalung-Indarung-Panaroma-Tugu Ayam-Kota Solok-Muara Kalaban-Kota Sawahlunto-Lap Segi Tiga dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto.

Etape 7 Jumat 12 Agustus 2016, dimulai dari Sijunjung dan finish Dharmasraya dengan dengan panjang rute 133,4 km:

Start Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung melewati Simpang SungaiAngek-Perkampungan Adat-Tugu Bundo Kanduang-Tapian Diaro-Tanah Badantung-Klirian Jao-Ktr Bupati Dharmasraya-Sungai Dareh-Simpang Sikabau-Koto Tua-Sitiung-Kota Padang Dalam-SimpangTiga Koto Baru-Pasar Koto Baru-Simpang Empat Koto Baru-Kota Padang Luar dan finish di Sport Centre Dharmasraya.

Etape 8 Minggu 14 Agustus 2016, dimulai dari Bukittinggi dan finish di Padang dengan panjang rute 146,5 km:

Start dari Istana Bung Hatta Bukittinggi-Panorama-Simpang Tembok-Kantor Balai Kota Bukittinggi-Simpang Mandi Angin-Simpang Taro-Lapangan Kantin-Padang Luar-Simpang Malalak-Sicincin-Jalan Padang Bukittingi-Jalan S Parman-Jl. Juanda-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Simpang Hang Tuah-Jl. Samudra-Danau Cimpago dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang.

Peserta[sunting | sunting sumber]

  • Australia St. George Merida
  • Australia Cisco Racing Team p/b Scody
  • Hong Kong HKSI Pro Cycling Team
  • Indonesia Pegasus Cycling Team
  • Indonesia Indonesia National Team
  • Indonesia CCC Indonesia
  • Indonesia BRCC Banyuwangi
  • Indonesia BBC Pessel Bank Nagari Sumbar
  • Indonesia KFC Cycling Team
  • Iran Pishgaman Cycling Team
  • Jepang Kinan Cycling Team
  • Kenya Kenyan Riders Downunder
  • Korea Selatan Korail Cycling Team
  • Laos Black Inc Cycling Team
  • Malaysia Terengganu Cycling Team
  • Filipina 7 Eleven Sava RVP
  • Singapura Singha Infinite
  • Republik Tiongkok Action Cycling Team
  • Uni Emirat Arab Sharjah Cycling Team

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Juara 1: Iran Amir Kolahdouzhagh

Juara 2: Indonesia Dadi Suryadi

Juara 3: Spanyol Ricardo Carcia Ambroa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. "Ini Jadwal Dan Rute Tour de Singkarak 2016". Sumbartoday.com. Diakses tanggal 10 November 2016.
  2. "All Teams" tourdesingkarak.id. diakses Tanggal 10 November 2016.