Topan Rai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Topan Rai (Odette)
Taifun (skala JMA)
Taifun super kategori 5 (SSHWS)
Rai 2021-12-16 0159Z.jpg
Topan Rai pada intensitas puncak awalnya saat mendekati Filipina pada 16 Desember.
Terbentuk pada12 Desember 2021
Mereda padaMasih aktif
Kecepatan angin
maksimal
10 menit:
195 km/jam
1 menit:
260 km/jam
Tekanan minimal915 hPa (mbar)
Korban jiwa376 tewas, 37 hilang
Kerusakan> 628 juta (USD 2021)
Area terdampakKepulauan Caroline, Palau, Filipina, Kepulauan Spratly, Vietnam, Tiongkok Selatan, Hong Kong, Makau
Bagian dari Musim topan Pasifik 2021

Topan Rai, juga dikenal di Filipina sebagai Topan Odette, adalah siklon tropis sangat kuat yang melanda Filipina. Rai menjadi topan super setara Kategori 5 pertama yang berkembang di bulan Desember sejak Nock-ten pada tahun 2016, dan topan super Kategori 5 ketiga yang tercatat di Laut Tiongkok Selatan, setelah Pamela pada tahun 1954 dan Rammasun pada tahun 2014. badai tropis kedua, topan kesembilan, dan topan super kelima dari Musim topan Pasifik 2021, sistem ini berasal dari gangguan tropis di dekat khatulistiwa pada 10 Desember, terbentuk di dekat lokasi daerah bertekanan rendah lain yang telah hilang pada sebelumnya. Kondisi di sekitar sistem itu menguntungkan untuk pengembangan lebih lanjut, dan perlahan-lahan berkembang menjadi depresi tropis pada 12 Desember. Pada hari yang sama, Pusat Peringatan Topan Bersama Amerika Serikat (JTWC)[nb 1] mengeluarkan Peringatan Formasi Siklon Tropis (TCFA) pada depresi konsolidasi. Intensifikasi lebih lanjut terjadi, dan Rai ditingkatkan menjadi badai tropis pada hari berikutnya, sebelum melewati selatan Atol Ngulu. Setelah melewati dekat Palau dan menghantam negara kepulauan, Rai memasuki Area Tanggung Jawab Filipina (PAR) pada malam tanggal 14 Desember, di mana PAGASA menamakannya "Odette". Pada hari berikutnya, baik JMA dan JTWC menaikkan intensitas sistem menjadi topan setara Kategori 1 kelas bawah, saat mata terus muncul. Saat mendekati Filipina, Rai secara tak terduga dengan cepat meningkat menjadi topan super Kategori 5[nb 2] tepat sebelum pendaratan pertamanya di Siargao. Kemudian perlahan tapi pasti melemah saat melintasi Visayas, keluar ke Laut Sulu. Setelah melakukan pendaratan terakhirnya di Palawan, Rai terus melemah sebelum tiba-tiba meningkat menjadi topan yang setara dengan Kategori 5 pada 18 Desember, saat mendekati Vietnam. Keesokan harinya, Rai memulai fase pelemahan lainnya.

Peringatan topan tropis dikeluarkan untuk daerah-daerah di Filipina dan sebagian Kepulauan Caroline saat Rai berkembang. Buletin awal dikeluarkan oleh PAGASA[3] untuk Rai, mulai 12 Desember karena jalur sistem yang terus-menerus menuju negara. Saat badai mendekati negara itu, perjalanan darat dibatalkan, bersama dengan penerbangan dan operasi feri. Orang-orang yang tinggal di dekat daerah pesisir dan ke jalur badai didesak untuk mengungsi. Kapal penangkap ikan juga berlabuh ke tempat yang aman dan banyak provinsi di Visayas mulai bersiap menghadapi beban badai. Sinyal badai juga dimunculkan oleh PAGASA, pertama-tama berfokus pada bagian Visaya dan Mindanao, sebelum lebih jauh meluas ke Luzon selatan. Paket makanan dan non-makanan juga disiapkan oleh Kementerian Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan (DSWD) untuk para pengungsi, bersama dengan dana siaga senilai hampir $15.000. Evakuasi paksa dilakukan saat Rai semakin mendekati negara itu, dengan beberapa orang di Wilayah Bicol diperingatkan tentang kemungkinan lahar dari Gunung Mayon. Sebuah festival di Antique juga terpengaruh, bersama dengan upaya vaksinasi di seluruh wilayah yang terkena dampak. Kapal penangkap ikan di seluruh wilayah pesisir Vietnam dipindahkan ke tempat yang aman sementara ribuan orang bersiap untuk dievakuasi karena badai. Layanan penerbangan dihentikan dan tanaman dipanen lebih awal.

Saat Rai menghantam Filipina, hujan deras, angin kencang dan angin kencang berdampak pada beberapa daerah di sekitar jalur badai. Banyak daerah di Visayas dan Mindanao kehilangan listrik dengan beberapa provinsi dan daerah yang kehilangan layanan komunikasi lebih lanjut. Pohon-pohon tumbang menghalangi banyak jalan raya, dan banjir merupakan masalah utama di seluruh wilayah yang terkena dampak, khususnya Bohol, di mana badai itu digambarkan sebagai "salah satu yang terburuk di provinsi itu". Sungai juga meluap di Cagayan de Oro, sementara banyak bangunan mengalami kerusakan. Kota Surigao dilaporkan rusak total, dan meminta bantuan. Bohol juga memohon bantuan kepada pemerintah karena kerusakan yang dibawa Rai ke daerah tersebut. Keadaan bencana telah ditempatkan di provinsi dan Cebu. Sejauh ini, 375 jiwa tewas, sebagian besar berasal dari pulau Bohol. Kerusakan di lokasi yang disebutkan di atas diproyeksikan bernilai ₱5 miliar ($100 juta), dengan kerugian di Siargao diperkirakan senilai ₱20 miliar ($401 juta) dan di Negros Barat diperkirakan senilai ₱5,9 miliar ($118 juta). Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, 13 juta orang diperkirakan akan terkena dampak di Filipina. Banyak fasilitas publik dan swasta juga rusak akibat badai. Dua awak kapal dilaporkan hilang di perairan Pulau Bạch Long V.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Topan Bopha (2012) – Muncul jalur yang sama dan mencapai intensitas Kategori 5 di lintang rendah seperti Rai dan badai terkuat yang menghantam Mindanao.
  • Topan Haiyan (2013) – Topan paling mematikan yang menyerang Filipina dalam beberapa tahun terakhir, dan sebanding dengan Rai.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pusat Peringatan Topan Gabungan adalah satuan tugas gabungan Angkatan Laut Amerika Serikat – Angkatan Udara Amerika Serikat yang mengeluarkan peringatan topan tropis untuk Samudra Pasifik bagian barat dan wilayah lainnya.[1]
  2. ^ Topan super adalah kategori tidak resmi yang digunakan oleh Pusat Peringatan Topan Bersama (JTWC) untuk topan dengan kecepatan angin sedikitnya 240 km/jam (150 mil/jam).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Joint Typhoon Warning Center Mission Statement". Joint Typhoon Warning Center. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2007. Diakses tanggal July 25, 2012. 
  2. ^ Frequently Asked Questions (Laporan). Joint Typhoon Warning Center. August 13, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2013. Diakses tanggal September 22, 2012. 
  3. ^ "Indekode". Indekode. Diakses tanggal 2022-01-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]