Toowa cemerlang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Toowa cemerlang
Ptiloris magnificus

Male magnificent riflebird perched.
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22706186
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliParadisaeidae
GenusPtiloris
SpesiesPtiloris magnificus
(Vieillot, 1819)
Tata nama
Sinonim taksonCraspedophora magnificus
ProtonimFalcinellus magnificus

Toowa cemerlang ( Ptiloris magnificus ) adalah salah satu spesies burung pengicau dalam keluarga burung cendrawasih Paradisaeidae .

Toowa cemerlang tersebar luas di seluruh hutan hujan dataran rendah di bagian barat Pulau Papua dan bagian utara Semenanjung Cape York Australia (benua) . Sebagai spesies yang relatif umum di seluruh wilayah jelajahnya, ia dievaluasi sebagai spesies yang Paling Tidak Diperhatikan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN . Itu terdaftar di Appendix II CITES .

Dua subspesies dikenali: [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Toowa cemerlang ini merupakan burung berukuran sedang, bisa mencapai 34 buah panjang cm. Jantannya menyerupai cendrawasih dengan bulu sisi filamen hitam memanjang, mahkota warna-warni biru kehijauan, pelindung dada lebar berbentuk segitiga, dan bulu ekor tengah. Paruhnya berwarna hitam melengkung, mulut berwarna kuning, kaki berwarna kehitaman, dan iris mata berwarna coklat tua. Betina berwarna kecoklatan dengan bintik hitam dan garis kekuningan di bawahnya dengan alis putih. Jantan yang belum dewasa menyerupai jantan tetapi bulu ekornya lebih sedikit. [3]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Makanan burung toowa cemerlang ini terutama terdiri dari buah-buahan dan berbagai invertebrata seperti laba-laba, kaki seribu, dll [4] Jantan berpoligami dan melakukan pertunjukan pacaran sendirian di 'tempat bertengger menari'. Selama pertunjukan ini, sang jantan melebarkan sayapnya sepenuhnya dan mengangkat ekornya; dia tersentak ke atas sambil mengayunkan kepalanya dari sisi ke sisi, memamerkan pelindung dada berwarna biru kehijauan metalik, dan menghasilkan suara "woosh" yang khas saat dia mengepakkan sayapnya. Beberapa betina akan mengamati pertunjukan ini, dan, jika puas dengan pertunjukan tersebut, berikan hadiah kepada pejantan dengan hak kawin. Betina kemudian membangun sarang, mengerami, mengerami, dan memberi makan anak-anaknya tanpa bantuan pejantan. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Ptiloris magnificus". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Gill, Frank; Donsker, David; Rasmussen, Pamela, ed. (January 2022). "Crows, mudnesters, melampittas, Ifrit, birds-of-paradise". IOC World Bird List Version 12.1. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 2 February 2022. 
  3. ^ Frith, C.; Frith, D. (2020). "Magnificent Riflebird (Ptiloris magnificus)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World Alive. Barcelona: Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.magrif3.01. 
  4. ^ Frith, C.; Frith, D. (2020). "Magnificent Riflebird (Ptiloris magnificus)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World Alive. Barcelona: Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.magrif3.01. 
  5. ^ "Magnificent Riflebird (Lophorina magnifica)". www.hbw.com. doi:10.2173/bow.magrif3.01. Diakses tanggal 2019-10-01.