Tongkat penggilas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adonan kuki dengan tongkat penggulung di atas meja.

Tongkat penggulung atau tongkat penggilaas (bahasa Inggris: rolling pin) adalah alat penyiapan olahan pangan berbentuk tabung yang digunakan untuk membentuk dan meratakan adonan.

Ada dua jenis tongkat penggilas yang umum. Yaitu tongkat berpegangan dan tidak perpegangan. Tongkat penggilas berpegangan terdiri dari badan tabung tebal dengan pegangan kecil di setiap ujungnya; tongkat penggilas tipe tanpa pegangan biasanya hanya berhpa tongkat tipis meruncing. Tongkat penggilas dengan gaya dan bahan yang berbeda menawarkan keuntungan yang berbeda-beda, karena digunakan untuk tugas yang berbeda dalam memasak dan membuat kue.

Jenis[sunting | sunting sumber]

  • Tanpa pegangan : Berupa batang tipis yang biasanya terbuat dari kayu dengan diameter sekitar 1–2 inci (2–3 cm). Cara penggunaannya adalah dengan menggulung batang pada adonan menggunakan telapak tangan. Tongkat ini mungkin meruncing di salah satu atau kedua ujungnya untuk kontrol poros yang lebih besar dalam tugas tertentu seperti membuat kulit jiaozi kecil atau kulit pai . Kebanyakan tongkat penggilas gaya Asia Timur atau Prancis , dan Oklava Turki tidak memiliki pegangan.
  • Biasa : terdiri dari penggulung tebal dan berat yang terbuat dari berbagai bahan dengan diameter sekitar 3–4 inci (7–10 cm) dengan pegangan lebih tipis yang memanjang melalui roller. Mereka digunakan dengan memegang gagangnya dan mendorong penggulung melintasi adonan. Banyak tongkat penggilas Barat adalah memiliki pegangan.
  • Bertekstur : beberapa tongkat penggilas khusus memiliki permukaan bertekstur yang menandai dan membuat lekukan pada permukaan adonan untuk roti dan kue dadar khusus. Mereka bahkan mungkin diberi emboss dengan tulisan.[1]
  • Chakla belan : dalam hidangan India , penggilas adonan ( belan ) digunakan dalam kombinasi dengan chakla (papan penggulung melingkar datar). Adonan chapati digulung di atas chakla dengan bantuan belan.[2][3] Perangkat seperti Rotimatic dan Rotillicious menggabungkan fungsi chakla , belan , dan wajan masak listrik bundar yang juga dikenal sebagai tava .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Green, Anna. "Personalize Your Pastries With Embossed Rolling Pins". Mental Floss. Diakses tanggal 13 September 2016. 
  2. ^ Nandita Godbole, 2016, Roti: Easy Indian Breads & Sides.
  3. ^ Chitra Agrawal, 2017, Vibrant India: Fresh Vegetarian Recipes from Bangalore to Brooklyn, page 35.