Tomat anggur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tomat anggur bertangkai segar dijual di Pasar Pusat Ljubljana
Tomat anggur di pasar petani

Tomat anggur adalah salah satu golongan tomat yang diyakini berasal dari Asia Tenggara, bentuknya mirip dengan tomat plum lonjong tetapi memiliki ukuran kecil dan rasa manis seperti tomat ceri . Tomat anggur menghasilkan buah yang kecil dan biasanya lonjong. Diperkenalkan ke pasar dunia pada tahun 1990-an, tomat ini mendapatkan popularitas yang besar, setidaknya karena kandungan gulanya yang lebih tinggi dibandingkan tomat biasa, dan karena bentuknya yang lebih kecil dan seukuran sekali gigit.[1]

Varietas yang signifikan secara komersial, "Santa F1", diperkenalkan ke pasar Amerika Serikat pada tahun 1997 oleh petani Andrew Chu, yang memperoleh benih dari Perusahaan Benih Known-You Taiwan . Procacci Brothers Sales Corporation (PBSC) di Philadelphia memperoleh eksklusivitas global buah ini dan secara agresif memasarkannya di bawah anak perusahaannya Santa Sweets, Inc.

Varietas Santa F1 jarang ditemukan dalam bentuk benih, hanya ditawarkan oleh beberapa rumah benih di seluruh dunia ( Thompson & Morgan dari Inggris secara sporadis menampilkan varietas tersebut dalam katalognya dari waktu ke waktu); beberapa tukang kebun melaporkan bahwa benih tersebut dapat berkembang biak hingga enam generasi atau lebih, sebuah pernyataan yang hanya mendapat sedikit pemberitahuan dari sebagian besar otoritas berkebun. Kultivar tomat anggur lainnya, seperti Rosalita, lebih banyak tersedia bagi pekebun rumah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Attack of the Grape Tomatoes". Washington Post. Washington. 2001-09-12. Diakses tanggal 2021-04-17.