Toksisitas akut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Toksisitas akut menjelaskan efek yang merugikan dari suatu zat yang dihasilkan baik dari paparan tunggal[1] atau dari beberapa eksposur dalam periode waktu yang singkat (biasanya kurang dari 24 jam). Dapat digambarkan sebagai akut toksisitas, efek buruk harus terjadi dalam waktu 14 hari dari pemberian zat.

Toksisitas akut berbeda dari toksisitas kronis, yang menggambarkan efek kesehatan yang merugikan dari berulang eksposur, sering pada tingkat yang lebih rendah, zat yang lebih lama jangka waktu (bulan atau tahun).

Secara luas dianggap tidak etis untuk menggunakan manusia sebagai subjek uji untuk penelitian toksisitas akut (atau kronis). Namun, beberapa informasi dapat diperoleh dari penyelidikan paparan manusia yang tidak disengaja (misalnya, kecelakaan pabrik). Jika tidak, sebagian besar data toksisitas akut berasal dari pengujian pada hewan atau, baru-baru ini, metode pengujian in vitro dan inferensi dari data pada zat serupa.[1][2]

Tindakan toksisitas akut[sunting | sunting sumber]

Nilai pengaturan[sunting | sunting sumber]

Batasan untuk paparan jangka pendek, seperti STEL atau CV, hanya ditentukan jika ada toksisitas akut tertentu yang terkait dengan suatu zat. Batas-batas ini ditetapkan oleh Konferensi Amerika Serikat dari Ahli Kesehatan Industri (ACGIH) dan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), berdasarkan data percobaan. Nilai-nilai yang ditetapkan oleh organisasi-organisasi ini tidak selalu sama persis, dan dalam industri kimia adalah praktik umum untuk memilih nilai yang paling konservatif untuk memastikan keselamatan karyawan. Nilai biasanya dapat ditemukan dalam lembar data keselamatan material . Ada juga nilai yang berbeda berdasarkan metode masuknya senyawa (oral, dermal, atau inhalasi).

  • Nilai ambang batas nilai-waktu-tertimbang-rata : Konsentrasi maksimum tempat pekerja dapat terpapar setiap hari kerja (8 jam) dan tidak mengalami efek kesehatan yang merugikan.
  • Batas Eksposur Jangka Pendek, batas nilai STEL atau Batas nilai batas paparan jangka pendek, TLV-STEL: Konsentrasi yang tidak boleh dilihat orang selama lebih dari 15 menit selama 8 jam hari kerja.[3]
  • Nilai plafon, CV atau Nilai ambang batas - plafon, TLV-C: Konsentrasi yang tidak boleh dilihat orang.

Nilai eksperimental[sunting | sunting sumber]

  • Tingkat efek samping yang diamati, NOAEL
  • Level efek samping terendah yang diamati, LOAEL
  • Konsentrasi maksimum yang dapat ditoleransi, MTC, LC 0 ; Dosis maksimum yang dapat ditoleransi, MTD, LD 0
  • Konsentrasi mematikan minimum, LC min ; Dosis mematikan minimum, LD min
  • Konsentrasi mematikan rata-rata, LC 50 ; Dosis mematikan rata-rata, LD 50 ; Median lethal time, LT <sub id="mwRw">50</sub> ( LT50 )
  • Konsentrasi mematikan absolut, LC 100 ; Dosis absolut mematikan, LD 100

Nilai yang paling direferensikan dalam industri kimia adalah median dosis mematikan, atau LD50. Ini adalah konsentrasi zat yang mengakibatkan kematian 50% subjek uji (biasanya tikus atau tikus) di laboratorium.

Tanggapan dan pengobatan[sunting | sunting sumber]

Ketika seseorang telah terpapar dosis zat berbahaya, mereka dapat diobati dengan beberapa cara untuk meminimalisir efeknya. Tingkat keparahan respons terkait dengan tingkat keparahan respons toksik yang ditunjukkan. Metode perawatan ini termasuk (tetapi tidak terbatas pada):

  • Pencucian darurat digunakan untuk menghilangkan bahan kimia yang mengiritasi atau berbahaya dari kulit.
  • Pencuci mata darurat digunakan untuk menghilangkan bahan kimia yang mengiritasi atau berbahaya dari mata.
  • Arang aktif digunakan untuk mengikat dan menghilangkan zat berbahaya yang dikonsumsi lewat mulut. Ini digunakan sebagai alternatif untuk memompa perut konvensional.
  1. ^ a b "The MSDS HyperGlossary: Acute toxicity". Safety Emporium. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 October 2006. Diakses tanggal 2006-11-15. 
  2. ^ Walum E (1998). "Acute oral toxicity". Environ. Health Perspect. Environmental Health Perspectives, Vol. 106. 106 (Suppl 2): 497–503. doi:10.2307/3433801. JSTOR 3433801. PMC 1533392alt=Dapat diakses gratis. PMID 9599698. 
  3. ^ D.A. Crowl and J.F. Louvar, Chemical Process Safety: Fundamentals with Applications, Third Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2011.