Toelis Soetan Sati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Toelis Soetan Sati adalah salah satu pujangga/sastrawan Indonesia, angkatan Balai Pustaka , yang lahir di Bukittinggi 1898. Buku karangan Toelis Soetan Sati yang terkenal adalah "Sengsara Membawa Nikmat". Kelebihan Toelis Soetan Sati dalam membuat karya-karyanya adalah melalui penggambaran panca inderanya , yaitu mengambarkan secara detail daerah Minangkabau tempat kelahirannya. Hal yang istimewa adalah para tokoh, sifat tokoh, latar budaya, dan gambaran masyarakat Minangkabau dilukiskan oleh Toelis Soetan Sati seolah olah pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan sendiri berada di daerah tersebut. Pengalamannya bekerja di Balai Pustaka menambah kepiawaian Toelis Soetan Sati dalam menulis. Tidak hanya menulis cerpen, Toelis Soetan Sati juga membuat puisi, saduran cerita daerah dan terjemahan.

Keteladan yang dapat kita ambil dari Tokoh saatrawan Toelis Soetan Sati adalah dia penganut agama Islam yang taat , oleh karena itu karya-karya yang dihasilkannya membawa banyak pesan moral, nasihat, dan cinta tanah air. Kecintaannya kepada menulis karena mengikuti hati nuraninya dan pengalamannya bekerja di Balai Pustaka menjadi pembantu korektor (1920) sampai menjadi pemimpin direktur (1940) . Keistemewaa yang dimiliki Toelis Soetan Sati adalah cerpen yang berjudul "Sengsara Membawa Nikmat" pernah ditayangkan di televisi nasional yaitu TVRI dan menjadikan Toelis soetan Sati terkenal di Nusantara.

Toelis Soetan Sati meninggal pada tanggal 16 April 1942, meninggalkan dua orang istri dan dua anak. Sampai saat ini karya -karyanya tetap abadi dan dibaca di sekolah-sekolah dan menjadi referensi di PT jurusan bahasa dan sastra Indonesia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ENSIKLOPEDIA SASTRA INDONESIA MODERN. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. hlm. 249-251. ISBN 9796922835.