Titik kait (komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Titik kait (Mounting) disebut metode di mana sistem operasi komputer meletakkan file, dan direktori pada perangkat penyimpanan, seperti: hard drive, CD-ROM, atau berbagi jaringan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui sistem file komputer.[1]

Kebanyakan kasus proses pemasangan terdiri dari sistem operasi yang mendapatkan akses ke media penyimpanan; mengenali, membaca, dan memproses struktur sistem file, dan metadatanya sebelum memasukkannya ke dalam komponen sistem file virtual (VFS).

Mount point adalah lokasi dalam VFS di mana media yang baru dipasang didaftarkan. Setelah proses pemasangan selesai, pengguna dapat mengakses file, dan direktori pada media dari lokasi ini.

Proses yang disebut "pelepasan" sistem operasi menghentikan akses pengguna ke file, dan direktori pada titik pemasangan. Menulis antrean data pengguna yang tersisa ke perangkat penyimpanan, menyegarkan metadata sistem file, dan kemudian melepaskan akses ke perangkat, memastikan bahwa perangkat penyimpanan aman untuk dilepas.

Saat komputer mati, setiap perangkat penyimpanan yang terpasang biasanya menjalani proses pelepasan pemasangan untuk memastikan bahwa semua data yang berurutan telah ditulis ke perangkat tersebut, dan untuk menjaga integritas struktur sistem file pada media.

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Lokasi pada partisi yang berfungsi sebagai sistem file root dikenal sebagai titik pemasangan. Drive magnetik, magneto-optik, optik, dan semikonduktor adalah beberapa jenis penyimpanan. Media magnetik masih paling umum pada tahun 2013, tersedia dalam bentuk hard disk drive, dan floppy disk. Sebelum media yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk penyimpanan, alat membaca dan menulis informasi harus diatur, pengetahuan tentang hal ini harus tersedia untuk sistem operasi. Pengorganisasiannya dikenal sebagai sistem berkas. Setiap sistem berkas yang berbeda memberikan metadata kepada sistem operasi host, yang memungkinkan sistem operasi untuk membaca dan menulis data. Ketika media dipasang (atau, ketika sistem berkas adalah sistem berkas volume, seperti array RAID), metadata ini dibaca oleh sistem operasi, yang memungkinkan sistem operasi untuk menggunakan penyimpanan.[2][3]

Perangkat lunak dan alat yang membantu dalam proses mounting. Menyediakan fungsionalitas baru seringkali disertakan dengan sistem operasi yang mirip Unix. Untuk menunjukkan tujuannya, beberapa pendekatan ini telah disebut sebagai "pemasangan otomatis". Dalam banyak kasus, sistem file selain root harus tersedia saat sistem operasi dimulai. Oleh karena itu, semua sistem yang mirip Unix memiliki kemampuan untuk melakukan mount sistem berkas saat booting. Sistem berkas ini didefinisikan oleh administrator sistem pada berkas konfigurasi fstab (juga dikenal sebagai vfstab pada Solaris), yang juga menunjukkan pilihan, dan titik mount.

Dalam beberapa situasi, mungkin tidak perlu mount sistem file tertentu saat booting, tetapi perlu melakukan setelahnya. Sistem tertentu, seperti Unix, memungkinkan mount sistem file sesuai permintaan.

Media yang dapat dilepas[sunting | sunting sumber]

Platform komputer mikro sekarang menggunakan media yang dapat dilepas. Media ini memungkinkan transfer data dan program antara mesin tanpa memerlukan koneksi fisik. Contoh yang umum termasuk penyimpanan massal USB (flash drive), kartu memori, CD-ROM, dan DVD. Oleh karena itu, utilitas telah dikembangkan untuk mendeteksi keberadaan, dan ketersediaan media, kemudian memasang media tanpa intervensi pengguna.

Selain Unix, sistem lain telah mengembangkan ide yang disebut supermount, yang digunakan dalam proyek Linux supermount.[4] Misalnya, disket yang telah dilakukan supermount dapat dikeluarkan secara fisik dari sistem. Disk biasanya harus disinkronkan kemudian dilepas. Sebelum dilepas asalkan sinkronisasi telah terjadi, disk lain dapat dimasukkan ke dalam drive. Sistem akan secara otomatis mengetahui bahwa disk telah berubah, dan akan memperbarui konten titik pemasangan untuk menampilkan media yang baru. Mesin Windows juga memiliki kemampuan yang sama.

Automounter biasanya digunakan untuk sistem berkas pada server jaringan, dan tidak bergantung pada kejadian seperti penyisipan media, seperti yang berlaku untuk media yang dapat dipindahkan. Ini akan secara otomatis melakukan mount pada sistem berkas ketika referensi dibuat ke direktori yang seharusnya dilakukan mount.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is meant by mounting a drive?". Indiana University-University Information Technology Services. 18 February 2011. Diakses tanggal 18 February 2024. 
  2. ^ "What is a mount point in Linux/Unix?". The Linux Juggernaut (dalam bahasa Inggris). 2013-09-27. Diakses tanggal 2024-02-18. 
  3. ^ "Mounting definition by The Linux Information Project". www.linfo.org. Diakses tanggal 2024-02-18. 
  4. ^ "Supermount removable media support". SourceForge (dalam bahasa Inggris). 2013-04-01. Diakses tanggal 2024-02-18.