Piksel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Titik cahaya)
Lompat ke: navigasi, cari

Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.

Teknis[sunting | sunting sumber]

Piksel adalah komponen paling kecil dari gambar digital. Tetapi penjelasan piksel bukan hanya itu saja seperti piksel yang dicetak dalam suatu kerjas dengan mesin cetak, piksel yang dibawa oleh sinyal elektrik, piksel dalam layar, piksel dalam kamera digital, dan lain-lain.

Satuan dots per inch (dpi) dan piksel per inch (ppi) biasanya digunakan bergantian, tetapi memiliki arti yang berbeda khususnya pada mesin cetak, dimana dpi digunakan untuk mengukur ukuran kepadatan print head. Pada fotografi kualitas tinggi, gambar 600ppi dapat dicetak oleh mesin cetak 1200dpi.

Semakin banyak piksel yang digunakan untuk menunjukan gambar, semakin jelas gambar. Jumlah piksel pada gambar dikatakan resolusi, meskipun resolusi memiliki arti sendiri. Jumlah piksel dapat dihitung sebagai angka tunggal, seperti dalam "tiga megapiksel" dalam kamera digital yang memiliki 3 juta piksel, atau sebagai sepasang nomor, seperti "640 x 480" layar, yang memiliki 640 piksel dari sisi ke sisi dan 480 piksel dari atas ke bawah, dan total piksel yang tersedia adalah 640x480 = 307.200 piksel atau 0.3 megapiksel.

Piksel, sampel warna, yang membentuk gambar digital mungkin saja tidak sama dengan piksel layar, dan tergantung bagaimana komputer menunjukan sebuah gambar. Di dalam dunia komputer, gambar tersusun oleh piksel yang dikenal juga gambar bitmap atau gambar raster.

Megapixel[sunting | sunting sumber]

Megapixel (megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata "mega" yang menunjukkan satuan juta, dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element). Jadi singkatnya megapixel berarti sejuta titik elemen gambar.

Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi gambarnya. Jumlah megapiksel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kerapatan hasil gambar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]