Tira (pahlawan super)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tira adalah sebuah karakter pahlawan super perempuan ciptaan Nono GM yang diperkenalkan pada tahun 1975 dalam komik serial perdana Tira berjudul “Dracula” (Maranatha Publisher, 1975).[1] Tokoh Tira memiliki banyak penggemar dan populer di kalangan penggemar komik pahlawan super di Indonesia. Dalam cerita, Tira sebetulnya adalah seorang mahasiswi bernama Susie yang jago bela diri dan akan berubah menjadi Tira ketika ia mengenakan kostum berteknologi tinggi.[2] Penampilan Tira dengan berbagai kemampuan beladirinya yang hebat serta lincah mampu membuat para pembacanya tahan berlama-lama membaca kisah dan aksi Tira. Kemampuan andalan Tira adalah dengan meditasi dirinya bisa memanggil roh sembilan naga.

Tira memiliki musuh utama yang selalu membuat kekacauan, yaitu Citroen. Dalam berbagai kisah perjalanannya, Tira kadang ditemani para superhero lainnya; seperti Gundala, Godam, Boga dan lain-lain, bahkan Tira pernah tampil dalam komik serial Gundala dan Godam.

Dalam film-film Jagat Sinema Bumilangit seperti Godam & Tira dan Patriot Taruna, ia diperankan oleh Chelsea Islan.[3] Chelsea mengaku bahwa ia sampai harus menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram untuk memerankan tokoh tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]