Tipp-Ex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tipp-Ex botol

Tipp-Ex adalah sebuah merek dagang cairan pengoreksi dan produk terkait lainnya yang populer. Tipp-Ex juga merupakan nama perusahaan Jerman, yaitu Tipp-Ex GmbH & Co. KG yang menghasilkan berbagai produk dalam jalur komersial Tipp-Ex. Di beberapa negara, Tipp-Ex menjadi salah satu merek generik: menipp-ex berarti menghapus, baik secara umum maupun dengan menggunakan cairan pengoreksi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kertas pengoreksi Tipp-Ex

Tahun 1951, Bette Nesmith Graham menemukan cairan pengoreksi pertama di dapurnya dan mulai memasarkan produk tersebut pada 1956 sebagai Mistake Out (bahasa Indonesia: Kesalahan Enyah), yang kemudian disebut Kertas Cairan.

Perusahaan Tipp-Ex didirikan pada 1979, di Buntingford, Inggris, oleh Neil Taylor. Tidak lama setelah itu, perusahaan "Tipp-Ex Contribution" didirikan di Frankfurt, Jerman, oleh Otto Carls. Produk pertamanya adalah sebuah kertas pengoreksi inovatif untuk digunakan pada mesin ketik. Nama "Tipp-Ex" berasal dari penggunaan produk ini: "tippen", kata dalam bahasa Jerman yang artinya "mengetik", dan "ex" dari bahasa Latin yang berarti "keluar, pergi, enyah, tidak lagi".

Dengan adanya penemuan Tipp-Ex, tidak mustahil lagi menghapus kesalahan tipografi dari mesik ketik. Si pengetik kembali ke huruf yang akan diubah, lalu menempatkan kertas pengoreksi di depan pita, dan ketikkan lagi huruf yang salah tersebut. Sistem hanya berfungsi jika pengetik menempatkan huruf yang diketik ulang tepat di posisi huruf semula, yang mungkin akan menjadi masalah jika berbeda baris.

Permintaan akan kertas pengoreksi ini tumbuh sangat cepat dan menarik minat distributor Jerman dan internasional.

Tahun 1965, Tipp-Ex meluncurkan produk cairan pengoreksi dan dengan cepat mengembangkan serangkaian cairan pengoreksi untuk penggunaan yang berbeda-beda. Terjual di lebih dari 150 negara, Tipp-Ex menjadi satu merek Eropa yang unik.

Pada 1992 Tipp-Ex memperkenalkan pita pengoreksi pertamanya diikuti dengan Tikus Kantong tahun 1995 yang menjadi produk dengan penjualan terbaik. Tahun 1998, pena koreksi diluncurkan. Produk dikembangkan pada penghapus, dan tahun 2000, pada semua botol cairan pengoreksi diberikan kuas busa baru.

Tahun 1997, Société Bic mengakuisisi Tipp-Ex.[1]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Di atas Tipp-Ex dapat ditulis setelah kering.

Cairan pengoreksi Tipp-Ex adalah cairan putih yang digunakan untuk melapisi kesalahan-kesalahan pada hasil penulisan. Sebuah kuas (kemudian digantikan dengan kuas busa) ditempelkan pada tutupnya, sehingga saat botol ditutup, kuas tersebut terbenam dalam Tipp-Ex. Saat dibuka, kuas telah tertutupi cairan Tipp-Ex yang diusapkan pada tulisan-tulisan yang salah. Bagaimanapun, penggunaan Tipp-Ex dapat diketahui dan tulisan semula akan terlihat jika kertas diarahkan pada cahaya.

Jika isi botol Tipp-Ex terdedah dengan terlalu banyak udara (sebagai contoh, tutupnya dibuka terlalu lama atau jika botol berisi setengah dan terdapat udara di dalamnya), Tipp-Ex menjadi lebih tebal dan kadang-kadang bahkan mengeras. Untuk mencegahnya, Tipp-Ex merilis sebuah produk yang disebut "Tipp-Ex thinner" atau pengencer Tipp-Ex. Beberapa tetes dicampurkan dengan isi botol Tipp-Ex yang mulai mengering untuk mengencerkannya. Hal ini memperpanjang masa manfaat Tipp-Ex dalam botol.

Toksikologi[sunting | sunting sumber]

Pelarut organik 1,1,1-trikloroetana awalnya digunakan sebagai salah satu pengencer dalam produk Tipp-Ex. Pelarut ini mudah masuk ke paru-paru melalui pernafasan. Lalu secara mudah melewati pembatas darah otak dan akan mematikan melalui kontak akut.[2] Pelarut 1,1,1-trikloroetana juga adalah 'penipis ozon', salah satu substansi yang menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon.[3] Dengan kedua alasan tersebut, sejak tahun 2000 pelarut ini tidak digunakan dan digantikan oleh hidrokarbon alifatik.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Société BIC S.A.". Reference for Business. Diakses tanggal 26-01-2016. 
  2. ^ "Monograph For UKPID 1,1,1-trichloroethane". National Poisons Information Service (London Centre). 01-12-1995. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24-04-2011. 
  3. ^ "Environment Agency 1,1,1-trichloroethane". Environment Agency. 04-04-2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24-04-2011. 
  4. ^ "Safety Data Sheet for Tipp-Ex". The Consortium. June 2000. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 24-04-2011.