Tiong-lampu dada-lila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiong-lampu dada-lila
Coracias caudatus

Adult bird in Kenya
Recording of a bird calling in flight
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22682874
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCoraciiformes
FamiliCoraciidae
GenusCoracias
SpesiesCoracias caudatus
Linnaeus, 1766
Tata nama
Sinonim takson
  • Coracias caudata Linnaeus, 1766 (lapsus)

     resident range

Tiong-lampu dada-lila ( Coracias caudatus ) adalah burung Afrika dari keluarga tiong-lampu, Coraciidae . Ia tersebar luas di Afrika Selatan dan Timur, dan menyebar ke Semenanjung Arab bagian selatan. Ia lebih menyukai hutan terbuka dan sabana, dan sebagian besar tidak berada di tempat tanpa pohon. Biasanya ditemukan sendiri atau berpasangan, ia bertengger di puncak pohon, tiang, atau tempat tinggi lainnya sehingga ia dapat melihat serangga, amfibi, dan burung kecil yang bergerak di tanah. [2] Persarangan terjadi di lubang alami di pohon tempat 2–4 telur diletakkan, dan diinkubasi oleh kedua induknya, yang sangat agresif dalam mempertahankan sarangnya, menyerang burung pemangsa dan burung lainnya. Selama musim kawin, pejantan akan naik ke ketinggian yang cukup tinggi (69 hingga 144 meter), turun dalam gerakan menukik dan menukik, [3] sambil mengeluarkan tangisan yang keras dan sumbang. Jenis kelamin berbeda dalam warna, dan burung muda tidak memiliki pita ekor panjang seperti burung dewasa. Spesies ini secara tidak resmi dianggap sebagai burung nasional Kenya.

Subspesies[sunting | sunting sumber]

  • C.c. caudatus Linnaeus, 1766, ditemukan dari Kenya tengah hingga Afrika Selatan bagian utara, dan ke arah barat hingga pantai Atlantik di Namibia dan Angola
  • C.c. lorti Shelley, 1885, pada awalnya dideskripsikan sebagai spesies terpisah, dan ditemukan dari Eritrea hingga Somalia barat dan Kenya timur laut

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Di lapangan, burung-burung yang kuat dan berkepala besar ini sering bertengger sendirian di atas pohon di lahan berumput, dan hampir tidak dapat diragukan lagi dengan corak bulunya yang berwarna-warni. Warna lila pada leher dari subspesies yang dicalonkan C. c. caudatus semakin dalam ke dada Lila yang lebih gelap. Mahkota hingga mantel berwarna zaitun, dan pipi serta telinga ditutupi warna lila kemerahan. Dalam subspesies C. c. Namun lorti, mahkota hingga mantel berwarna biru kehijauan, bukan zaitun, dan bagian dada berwarna biru. Tenggorokannya berwarna lila dan beberapa Tiong-lampu lehememiliki bercak Lila atau semburat coklat kemerahan di perut bagian bawah. [4] Kedua subspesies ini memiliki pita ekor panjang berwarna hitam terluar yang tidak terdapat pada subspesies muda. Tiong lampu dada lila tidak dimorfik secara seksual [4] meskipun jantan mungkin sedikit lebih besar daripada betina. Remaja, belum dewasa, dan dewasa memiliki bulu alula terbesar berwarna biru tua, tetapi bulu utama dan sisa alula berwarna biru. Separuh proksimal remiges juga berwarna biru cemerlang, separuh distal berwarna hitam pada jaring bagian dalam, dan biru-lila tua pada jaring luar. [5] Burung muda memiliki tenggorokan dan dada berwarna coklat kemerahan dengan garis-garis putih kekuningan yang menyebar luas dengan pinggiran lila muda pada beberapa bulu. [6] Burung yang belum dewasa mempunyai dada yang kekar dengan bulu lila sesekali dan garis pucat yang menyebar. [5]

Massa rata-rata adalah 104 gram, dan panjangnya berkisar antara 36 hingga 38 sentimeter (termasuk pita ekor 8 hingga 9 sentimeter). cm). [7] [8] Penerbang akrobatik ini memiliki rentang sayap rata-rata 50 hingga 58 cm. [9] Yang unik dari Tiong lampu (famili Coraciidae) adalah kaki sindaktil, yang jari kedua dan ketiganya menyatu. [10]

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Panggilan Tiong lampu dada lila adalah "rak rak rak" yang keras dan menggergaji yang diteriakkan selama penerbangan. [11] Biasanya burung akan hinggap untuk berkicau. [12]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Tiong lampu dada lila ditemukan di seluruh Afrika bagian timur dan selatan, dan terdapat secara lokal di permukaan laut, dan hingga 2.000 meter di atas permukaan laut [13] [14] atau lebih. [15] Sebaran mereka meluas dari pantai Laut Merah Eritrea melalui Afrika Timur (termasuk Zanzibar ) hingga Afrika bagian selatan, di mana mereka umumnya terdapat di Namibia (tidak termasuk Gurun Namib ), Botswana, Zimbabwe, dan Afrika Selatan bagian timur laut. Subspesies yang dicalonkan C. c. caudatus tidak bermigrasi, tetapi penyebaran pasca-kawin terjadi di hutan miombo atau kawasan berpasir, sebelum mereka kembali ke kawasan berkembang biak pada awal musim hujan. [15] Mitranya, Tiong lampu tenggorok lila ( C. c. lorti ) bermigrasi dari timur laut Kenya ke barat laut Somalia untuk berkembang biak dari akhir April hingga pertengahan September. Subspesies terakhir ini juga berkeliaran di Eritrea, Oman dan Yaman . [1] Rol dada ungu paling melimpah di Kenya, [16] meskipun spesies ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan di masa lalu. [13]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Kedua subspesies tersebut mungkin bersifat monogami dan bersarang sendirian. [17] Jenis kelaminnya tidak mudah dibedakan, dan penampilan mereka belum secara pasti dikaitkan dengan jantan atau betina. Pasangan tersebut melindungi sarangnya dan salah satu dari pasangan tersebut akan terbang dalam pola berguling sebagai tampilan teritorial terhadap penyusup atau untuk mengalihkan perhatian predator sarang. Selama masa pacaran, tiong-lampu dada-lila akan terbang ke atas dan kemudian mengarah ke depan dengan sayap tertutup, sebelum mengepakkan sayapnya untuk menambah kecepatan ke arah tanah. [18] Saat mendatar dengan kecepatan tertinggi, burung akan berguling ke kiri dan ke kanan beberapa kali, mengucapkan "kaaa, kaarsh" yang kasar dan parau, [17] sebelum menukik ke atas lagi. Tampilannya mungkin berakhir dengan tawa yang keras. [19] Jika pejantan lain memasuki wilayah teritorial lain, mereka dianggap saingan dan akan saling bertarung dengan cara saling menyodorkan, mengepakkan sayap, dan mencakar satu sama lain sambil terbang ke atas.

Tiong-lampu tenggorok-lila berkembang biak dari akhir April hingga pertengahan September di Somalia, sedangkan tiong-lampu dada-lila berkembang biak pada waktu yang berbeda-beda dalam setahun, bergantung pada lokasinya. Mereka membangun sarang datar dari rumput di pohon baobab, kelapa mati, cemara, atau Terminalia . [20] Sarangnya terletak di rongga pohon yang berlubang sekitar 5 meter (16 ft) dari tanah, atau bahkan di sisi gundukan rayap. Tiong lampu dada lila tidak membuat rongga itu sendiri, namun mengambil alih ruang sarang yang sebelumnya telah dilubangi oleh burung pelatuk atau burung pekakak.

Biasanya, Tiong-lampu dada-lila di Somalia akan bertelur tiga hingga empat butir per musim kawin. Di Afrika bagian selatan, satu sarang rata-rata berkisar antara dua hingga empat butir telur. Pasangan jantan dan betina akan bergantian mengerami telurnya selama 22 hingga 24 hari. [21] Anakan dilahirkan secara altricial, menjadi berbulu sempurna setelah 19 hari.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Makanan tiong-lampu dada-lila terdiri dari arthropoda dan vertebrata kecil, termasuk serangga yang hidup di darat, laba-laba, kalajengking, lipan dan kaki seribu, siput, dan berbagai vertebrata kecil, termasuk burung kecil. Kadal, bunglon dan ular yang bergerak lambat, serta spesies Afrotyphlops dan Leptotyphlops yang buta dan menggali sangat rentan terhadap mereka saat melintasi jalan. [22] Di Afrika Timur, mereka bergabung dengan pemburu tempat bertengger lainnya seperti fiskal taita dan sikatan pucat untuk memanfaatkan kebakaran padang rumput secara oportunistik, [23] dan di Afrika Selatan juga terlihat berasosiasi dengan elang, bangau, burung layang-layang, dan kirik-kirik ketika membakar sekat api. binatang kecil ke jalan. [22]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b BirdLife International (2016). "Coracias caudatus". 2016: e.T22682874A92966607. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22682874A92966607.en. 
  2. ^ "Lilac-breasted Roller". Edinburgh Zoo. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2015. Diakses tanggal 4 October 2011. 
  3. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  4. ^ a b Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  5. ^ a b Keith, Stuart; Urban, Emil K.; Fry, C. Hilary (1988). The Birds of Africa, Volume III. Academic Press. hlm. 347. ISBN 0-12-137303-7. 
  6. ^ Zimmerman, Dale A.; et al. (1999). Birds of Kenya and Northern Tanzania. Princeton University Press. hlm. 469. ISBN 0691010226. 
  7. ^ Fry, H.; Kirwan, G. M. (2021). "Lilac-breasted Roller (Coracias caudatus)". Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. doi:10.2173/bow.librol2.01.1. Diakses tanggal 6 September 2018. 
  8. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  9. ^ "Lilac-Breasted Roller (Coracias caudata)". Lilac-breasted Roller. SA-Venues.com. 2014. Diakses tanggal October 14, 2015. 
  10. ^ Miller R. E., Fowler M. E., 2014.
  11. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  12. ^ Soderstrom B, Reid R. 2010.
  13. ^ a b Zimmerman, Dale A.; et al. (1999). Birds of Kenya and Northern Tanzania. Princeton University Press. hlm. 469. ISBN 0691010226. 
  14. ^ Aerts, R.; Lerouge, F.; November, E. (2019). Birds of forests and open woodlands in the highlands of Dogu'a Tembien. In: Nyssen J., Jacob, M., Frankl, A. (Eds.). Geo-trekking in Ethiopia's Tropical Mountains – The Dogu'a Tembien District. SpringerNature. ISBN 978-3-030-04954-6. 
  15. ^ a b Keith, Stuart; Urban, Emil K.; Fry, C. Hilary (1988). The Birds of Africa, Volume III. Academic Press. hlm. 347. ISBN 0-12-137303-7. 
  16. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  17. ^ a b Keith, Stuart; Urban, Emil K.; Fry, C. Hilary (1988). The Birds of Africa, Volume III. Academic Press. hlm. 347. ISBN 0-12-137303-7. 
  18. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  19. ^ Zimmerman, Dale A.; et al. (1999). Birds of Kenya and Northern Tanzania. Princeton University Press. hlm. 469. ISBN 0691010226. 
  20. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters & Rollers: A Handbook. Russel Friedman Books. hlm. 294–295. ISBN 0-9583-2231-7. 
  21. ^ "Lilac-Breasted Roller (Coracias caudata)". Lilac-breasted Roller. SA-Venues.com. 2014. Diakses tanggal October 14, 2015. 
  22. ^ a b Pienaar, U. de V. (1968). "The ecological significance of roads in a National Park". Koedoe. 11 (1): 169–174. doi:10.4102/koedoe.v11i1.759. 
  23. ^ O'Reilly, L.; Ogada, D.; Palmer, T. M.; Keesing, F. (2006). "Effects of Fire on Bird Diversity and Abundance in an East African Savannah" (PDF). African Journal of Ecology. 44 (2): 165–170. Bibcode:2006AfJEc..44..165O. doi:10.1111/j.1365-2028.2006.00601.x. Diakses tanggal 7 September 2018.