Tim nasional rugbi Afrika Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tim nasional rugbi uni Afrika Selatan (Afrikaans: Suid-Afrikaanse nasionale rugbyspan), yang umumnya dikenal sebagai Springboks (dalam bahasa sehari-hari Boks, Bokke, atau Amabhokobhoko),[1] adalah tim nasional negara tersebut yang dikelola oleh Persatuan Rugbi Afrika Selatan. Springboks bermain dengan seragam hijau dan emas dengan celana putih. Lambang mereka adalah antelop asli, Springbok, yang juga merupakan hewan nasional Afrika Selatan. Tim ini telah mewakili Persatuan Rugbi Afrika Selatan dalam rugbi uni internasional sejak 30 Juli 1891, ketika mereka memainkan pertandingan uji coba pertama mereka melawan tim tur British Isles. Saat ini, mereka adalah tim rugbi terbaik di dunia dan juara bertahan Piala Dunia, dengan empat kali meraih gelar (1995, 2007, 2019, dan 2023). Mereka juga menjadi negara kedua yang meraih Piala Dunia secara beruntun (2019 dan 2023), dan berada di peringkat kedua setelah saingan mereka, All Blacks, dalam hal kesuksesan dalam rugbi internasional.

Tim ini membuat debut Piala Dunia pada tahun 1995, ketika Afrika Selatan yang baru demokratis menjadi tuan rumah turnamen tersebut. Meskipun Afrika Selatan berperan penting dalam pembentukan kompetisi Piala Dunia Rugbi, Springboks tidak berpartisipasi dalam dua Piala Dunia pertama pada tahun 1987 dan 1991 karena boikot olahraga internasional terhadap apartheid. Springboks mengalahkan All Blacks 15–12 dalam final 1995, yang sekarang diingat sebagai salah satu momen terbesar dalam sejarah olahraga Afrika Selatan dan sebagai momen penting dalam proses pembangunan bangsa pasca-apartheid.

Afrika Selatan mendapatkan kembali gelar juara 12 tahun kemudian, ketika mereka mengalahkan Inggris 15–6 dalam final 2007. Akibatnya, setelah turnamen Piala Dunia 2007, Springboks dipromosikan ke peringkat pertama dalam Peringkat Dunia IRB, posisi yang mereka pegang hingga Juli tahun berikutnya ketika Selandia Baru menduduki posisi teratas kembali. Mereka dinobatkan sebagai Tim Dunia Tahun 2008 di Penghargaan Olahraga Dunia Laureus. Afrika Selatan kemudian memenangkan gelar Piala Dunia ketiga, mengalahkan Inggris 32–12 dalam final 2019. Sebagai hasil dari ini, Tim Persatuan Rugbi Nasional Afrika Selatan dinobatkan sebagai Tim Dunia Tahun 2020 di Penghargaan Olahraga Dunia Laureus untuk kedua kalinya. Mereka melanjutkan untuk mempertahankan gelar mereka pada tahun 2023.

Springboks juga berkompetisi dalam Kejuaraan Rugbi tahunan (sebelumnya Tri-Nations), bersama dengan sesama pesaing Belahan Bumi Selatan mereka, Argentina, Australia, dan Selandia Baru. Mereka telah memenangkan Kejuaraan sebanyak empat kali dalam dua puluh empat kompetisi dan menjadi satu-satunya tim yang memenangkan versi kompetisi dan Piala Dunia Rugbi pada tahun yang sama.

Selama hampir satu abad, warga Afrika Selatan bangga dengan performa tim nasional rugbi uni mereka. Tim ini mendapat pengakuan luas di seluruh dunia, bahkan di kalangan non-penggemar rugbi. Rugbi uni adalah olahraga yang sangat populer di Afrika Selatan, dan seringkali menjadi olahraga pilihan bagi atlet berbakat terbaik negara ini. Enam belas mantan Springboks dan tokoh berpengaruh dari Afrika Selatan telah dimasukkan ke dalam World Rugby Hall of Fame.

Banyak tim mengalami kekalahan terbesar mereka dari Springboks, termasuk Australia, Italia, Skotlandia, Uruguay, Wales, dan Selandia Baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Amabokoboko Back at No.1". Rugby365. 3 November 2019. Diakses tanggal 7 November 2019. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]