Pengukuran cahaya melalui lensa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Through the lens)
Jump to navigation Jump to search

Dalam fotografi, pengukuran cahaya melalui lensa (bahasa Inggris: Through-the-lens, TTL) mengacu pada fitur kamera di mana intensitas cahaya yang dipantulkan dari objek diukur melalui lensa; dibandingkan menggunakan jendela pengukuran terpisah atau pengukuran cahaya eksternal terpisah. Di beberapa kamera, moda pengukuran cahaya melalui lensa kamera dapat dipilih. Informasi ini kemudian digunakan untuk mengatur optimal film atau eksposur sensor gambar, hal ini juga dapat digunakan untuk mengatur jumlah cahaya yang dipancarkan oleh lampu kilat yang terhubung ke kamera.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pengukuran cahaya melalui lensa paling sering dikaitkan dengan kamera SLR.

Dalam kebanyakan SLR film dan digital, sensor cahaya untuk mengukur eksposur dimasukkan ke dalam prisma lima sisi atau kaca lima sisi, mekanisme SLR memungkinkan jendela bidik untuk melihat secara langsung melalui lensa. Sebagai cermin yang membalik ke atas, tidak ada cahaya yang dapat mencapai jendela bidik selama paparan, jumlah yang diperlukan dari paparan perlu ditentukan sebelum paparan cahaya yang sebenarnya. Akibatnya, sensor cahaya ini secara tradisional digunakan untuk mengukur cahaya sekitar saja. Di kamera SLR baru serta di hampir semua SLR digital, mereka dapat dimanfaatkan untuk mengukur cahaya sebelum lampu kilat dipancarkan, di mana pengukuran dilakukan sebelum cermin membalik menggunakan pralampu kilat diketahui intensitas dan jumlah yang diperlukan lampu kilat adalah ekstrapolasi dari pantulan cahaya lampu kilat yang diukur dengan pengukuran sel-sel di kamera dan kemudian diterapkan selama pemaparan tanpa adanya umpan balik secara waktu sebenarnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kamera pertama yang memiliki fitur pengukuran cahaya melalui lensa adalah sebuah perusahaan Jepang, Nikon, dengan prototipe kamera pengukur jarak, SPX. Kamera yang digunakan adalah Nikon jenis lensa pengukur jarak 'S'.[1]

Perusahaan Jepang Pentax adalah produsen pertama yang menunjukkan prototipe awal 35 mm di belakang pengukur lensa kamera SLR, yang bernama Pentax Spotmatic. Kamera ditunjukkan pada 1960 photokina show. Kamera pengukur cahaya melalui lensa pertama adalah Topcon RE Super 1963 yang memiliki sel pengukur CdS yang ditempatkan di belakang cermin refleks.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stephen, Gandy. "Nikon Shibata Book". Stephen Gandy's CameraQuest. Diakses tanggal 2008-06-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]