Thebasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thebasa adalah tempat berkubu di Asia Kecil pada era Klasik yang dicatat oleh Pliny[1] sebagai kota Likaonia kuno yang terletak di Pegunungan Taurus.

Saat itu Thebasa (disebut "Dabasa" oleh sumber Muslim) berhasil selamat ketika akan diambil oleh Kekaisaran Bizantium dalam invasi Abbasiyah di Asia Kecil (806). Tempat ini tampaknya sepi setelah kejadian itu dan masih belum diidentifikasi dengan pasti. Sir William Mitchell Ramsay mengemukakan bahwa Thebasa adalah Hyde yang berlokasi di tempat yang tinggi dan berbenteng (di Kapadokia) dengan alasan bahwa kota dan bentengnya berada di lingkungan Kara Bunar, Turki.[2]

Sarjana modern menolak identifikasi Thebasa sebagai Hyde dan untuk sementara menempatkan situs Hyde di dekat Divle, Turki Asiatik.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:Cite Pliny
  2. ^ Sir William Mitchell Ramsay, A Sketch of the Historical Geography of Asia Minor, (1890) "Q. Lykaonia and Tyanitis" : s.v. "Hyde", 339ff.
  3. ^ Richard Talbert, ed. (2000). Barrington Atlas of the Greek and Roman World. Princeton University Press. hlm. 66, and directory notes accompanying. 
  4. ^ Lund University. Digital Atlas of the Roman Empire.