The X Factor (seri TV Britania Raya, musim 9)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The X Factor
Musim 9
James Arthur pada sesi penandatanganan buku di WHSmith di Middlesbrough pada 9 Januari 2013
Pembawa acaraDermot O'Leary (ITV)
Juri
PemenangJames Arthur
Mentor pemenangNicole Scherzinger
Tempat keduaJahméne Douglas
Lokasi finalManchester Central
Rilis
Jaringan asli
Tanggal disiarkan18 Agustus (2012-08-18) –
9 Desember 2012 (2012-12-9)

The X Factor adalah kompetisi musik televisi Inggris untuk menemukan bakat menyanyi baru. Seri kesembilan mulai ditayangkan di ITV pada 18 Agustus 2012 dan berakhir pada 9 Desember 2012.[1] Dermot O'Leary kembali sebagai presenter acara utama di ITV, sementara Caroline Flack dan Olly kembali menjadi duet presenter The Xtra Factor di ITV2. Louis Walsh, Gary Barlow dan Tulisa kembali sebagai juri. Nicole Scherzinger dikukuhkan sebagai juri tetap keempat setelah Geri Halliwell, Leona Lewis, Rita Ora, Mel B, Anastacia dan Scherzinger sendiri tampil sebagai juri tamu untuk posisi kosong yang ditinggalkan Kelly Rowland. Setelah pertunjukan 8 Desember, dua aksi Scherzinger, James Arthur dan Jahméne Douglas, menjadi dua teratas, artinya Scherzinger dijamin menang. Arthur diumumkan sebagai pemenang pada 9 Desember, dan merilis sebuah cover dari Shontelle's "Impossible" sebagai lagu pemenangnya. Pada 2016, ini adalah single pemenang tersukses dalam sejarah pertunjukan tersebut.

Audisi untuk serial tersebut berlangsung antara 23 Mei dan 25 Juni 2012, di Liverpool, London, Manchester, Glasgow, Newcastle, dan Cardiff. Bootcamp berlangsung di Liverpool selama tiga hari, antara 19 dan 22 Juli. Barlow membimbing anak-anak berusia di atas 28 tahun, Scherzinger membimbing anak laki-laki, Tulisa membimbing anak perempuan dan Walsh membimbing kelompok. Mereka memilih tiga babak terakhir mereka selama rumah juri, yang berlangsung di Boughton House di Northamptonshire, Dubai, Saint Lucia dan Las Vegas. Ke-12 finalis bergabung dengan wildcard ke-13, dipilih oleh publik setelah setiap juri memilih salah satu dari mereka yang ditolak untuk kembali. Pertunjukan langsung dimulai pada 6 Oktober. Final diadakan di Manchester Central.

Trailer untuk serial tersebut, berjudul "Whose Time Is Now?", tayang perdana pada 30 Juli, menampilkan mantan kontestan Lewis, Alexandra Burke, JLS, Murs, One Direction dan Little Mix berbicara tentang waktu mereka di The X Factor dan bagaimana hal itu berubah. kehidupan mereka. Musim ini dikritik oleh mantan pemenang Shayne Ward karena dia tidak termasuk. Serial ini dilanda beberapa masalah kontroversial selama penayangannya. Dalam audisi, ini termasuk Zoe Alexander, yang memaki juri; Alison Brunton, yang audisinya diyakini telah "menyebabkan tekanan atau kecemasan yang tidak perlu" pada anak-anaknya; dan Lorna Bliss, yang memberi Walsh lap dance. Pertunjukan langsung kontroversial untuk eliminasi Carolynne Poole (setelah itu Gary Barlow keluar dari panggung) dan Ella Henderson, fakta bahwa jalur pemungutan suara dibuka sebelum kontestan tampil, dan juga komentar yang dibuat oleh juri—Tulisa menggunakan istilah "MILF", Barlow menghina nafas Tulisa, dan Scherzinger mengatakan "effing". Peluncuran serial ini mendapat rating terendah sejak 2006, dan rating acara tersebut sering dikalahkan oleh program lain seperti Strictly Come Dancing, Downton Abbey dan I'm a Celebrity...Get Me Out of Here!. Final menerima peringkat terendah dari final X Factor sejak 2005, hingga final seri tahun berikutnya menarik peringkat yang lebih buruk.

Dalam empat setengah bulan final, enam finalis seri—Arthur,[2] Douglas,[3] Henderson,[4] Christopher Maloney,[5] Union J,[6] dan Lucy Spraggan[7]—telah dikontrak oleh perusahaan label rekaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The X Factor – series 9 – episode 1". Radio Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 August 2012. Diakses tanggal 8 August 2012. 
  2. ^ "James Arthur Tops A Million Sales, Confirms Label Signing". MTV. 11 January 2013. Diakses tanggal 25 April 2013. 
  3. ^ Adejobi, Alicia (19 December 2012). "Jahmene Douglas Follows Union J & Ella Henderson Signing Sony Record Contract". Entertainmentwise. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 December 2012. Diakses tanggal 25 April 2013. 
  4. ^ Robertson, James (16 December 2012). "Ella Henderson signs recording contract with Sony and beats X Factor rejects to getting a deal". Daily Mirror. Diakses tanggal 25 April 2013. 
  5. ^ Miles, Tina (22 April 2013). "Liverpool X Factor star Christopher Maloney finally lands record deal". Liverpool Echo. Diakses tanggal 25 April 2013. 
  6. ^ Davidson, Amy (17 December 2012). "X Factor's Union J follow Ella Henderson to sign record deal with Sony". Gigwise. Diakses tanggal 25 April 2013. 
  7. ^ Nissim, Mayer (27 March 2013). "Lucy Spraggan signs record deal with Columbia ahead of UK tour". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 25 April 2013.