The Wind Blows From Longxi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Wind Blows From Longxi (Hanzi: 风起陇西) adalah sebuah seri drama sejarah Tiongkok tahun 2022 yang tayang di iQiyi mulai 27 April 2022. Karya dari Yang Lu tersebut dibintangi oleh Kun Chen, Yu Bai, Yuan Nie, Angelababy, dan Yi Sun. Seri tersebut diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Ma Boyong. Seri tersebut menceritakan mengenai dua mata-mata, mereka mempunyai misi berbahaya untuk menyusup ke kerajaan yang memiliki konflik internal. Seri tersebut berlatar pada masa kerajaan tahun 228 M.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisahnya bermula saat Kerajaan Shu berhasil mengalahkan Wei dalam suatu pertempuran menggunakan busur rahasia. Hal tersebut membuat Wei mengirimkan dua mata-matanya untuk mencari tahu mengenai rahasia dari busur tersebut. Berdasarkan analisis dari intelijen Shu, terdapat informasi keliru yang disampaikan oleh Chen Gong hingga pasukan Shu membuat perhitungan yang salah. Mereka mengira Chen Gong adalah mata-mata dari Shu yang sudah menyusup ke pasukan Wei selama bertahun-tahun tanpa diketahui oleh siapa pun.

Agar tidak terjadi perpecahan, akhirnya intelijen Shu pun memutuskan untuk menyelidiki Wei dan menginvestigasi keterlibatan Chen Gong. Namun, nyatanya Chen Gong sama sekali tidak terlibat dalam kasus penyelinapan tersebut. Kubu Shu malah mendapatkan fakta di pasukan mereka terdapat mata-mata Wei dengan kode ‘Candle Dragon’ yang berencana untuk mencuri rancangan busur pasukan Shu. Tidak hanya itu, pasukan Wei hendak melakukan operasi ‘Rencana Qingping’ untuk membuat kekacauan besar di Shu.

Referensi[sunting | sunting sumber]