The Wharf Theatre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
TheWharf.jpg

The Wharf Theatre adalah sebuah teater di Sydney, New South Wales, Australia. Teater ini adalah bagian dari Sydney Theatre Company dan terletak di Pier 4/5 bekas fasilitas pelabuhan Sydney di Walsh Bay di Dawes Point.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1831, dermaga pertama di daerah Pier 4/5 dibangun dan dinamai 'Pitman's Wharf'. Tahun 1919, pembangunan Pier 4/5 diselesaikan oleh H.D Walsh.

Tahun 1979, Sydney Theatre Company mencari sebuah tempat untuk kantornya. Elizabeth Butcher, Administrator NIDA, menemukan dermaga telantar di Walsh Bay dan merencanakan agar Pier 4/5 diperbarui dan menjadi basis STC. Sarannya diterima oleh departemen Premier. Ketika arsitek perancang, Vivian Fraser, memulai pekerjaan pembangunan kembali Pier 4/5, salah satu desain besarnya ialah agar bagian ujung dermaga digunakan untuk teater ini. Supaya biaya yang dikeluarkan tidak banyak, arsitek pemerintah melakukan pembelajaran kelayakan yang akan menempatkan teater di ujung Hickson Road di dermaga ini. Fraser mengatakan, secara aestetik, teater ini harus diletakkan di tepi laut. Richard Wherrett, Direktur Artistik pada waktu itu, menyetujuinya dan pendapat mereka dijalankan. Dalam kata-kata Wherett, "Aku suka pengertian metaforis bahwa setiap waktu kau memasuki satu tempat untuk menonton drama, kau akan masuk dalam suatu petualangan". Pembangunan kembali Pier 4/5 oleh Vivian Fraser secara resmi dibuka oleh Premier Neville Wran tahun 1984.

Teater[sunting | sunting sumber]

The Wharf Theatre memiliki dua teater: Wharf 1 memiliki 339 kursi dan Wharf 2 memiliki 205 kursi. Dari jalan, sebuah trotoar kayu 200 meter, dijajari poster produksi STC, menceritakan sejarah teater ini. Jendela besar memperlihatkan Sydney Harbour Bridge dan perairan dermaga. Pada ujung bangunan, The Wharf Restaurant, lengkap dengan balkon yang menghadap timur dan barat, memberikan pemandangan Luna park dan kaki langit North Shore.

Ukurannya sekitar 1.5 lapangan rugby, The Wharf menghabiskan $3.7 juta untuk perbaikan, dan memakan 56 minggu untuk pembaruan. The Wharf adalah lokasi yang unik bagi sebuah perusahaan teater negara bagian. Pengaruh air terlihat di logo perusahaan dan penggunaan warna biru sebagai warna perusahaan.