The Web Conference

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Web Conference
SingkatanTheWebConf (sebelumnya dikenal sebagai WWW)
Disiplin ilmuWorld Wide Web
Publication details
PenerbitInternational World Wide Web Conference Committee (IW3C2)
Sejarah1994–sekarang
Frekuensitahunan

Konferensi Web ACM (sebelumnya dikenal sebagai Konferensi World Wide Web Internasional atau International World Wide Web Conference dalam bahasa Inggris, disingkat sebagai WWW) adalah konferensi akademis internasional tahunan dengan topik mengenai masa depan World Wide Web. Konferensi pertama diadakan dan diorganisir oleh Robert Cailliau pada tahun 1994 di CERN di Jenewa, Swiss. Konferensi ini telah diselenggarakan oleh International World Wide Web Conference Committee (IW3C2), yang juga didirikan oleh Robert Cailliau dan koleganya Joseph Hardin, setiap tahun sejak didirkan pertama kali.[1] Pada tahun 2020, Konferensi World Wide Web Internasional berafiliasi dengan Association for Computing Machinery (ACM), yang didukung oleh ACM SIGWEB, sehingga kini Konferensi Web dinamakan sebagai Konferesi Web ACM.[2] Lokasi konferensi diadakan bergantian di antara Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Umumnya, acara konferensi berlangsung selama lima hari. Konferensi ini bertujuan untuk menyediakan forum di mana “para influencer, pengambil keputusan, ahli teknologi, pebisnis, dan badan standarisasi” dapat mempresentasikan hasil pekerjaan, penelitian, dan opini mereka, serta menerima umpan balik (feedback) dari orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing.[1]

Robert Cailliau, pendiri Konferensi World Wide Web Internasional

Seri konferensi web ini dirancang sebagai forum global yang memfasilitasi diskusi dan debat mengenai standardisasi teknologi dan pengaruhnya terhadap masyarakat serta budaya. Konferensi ini memiliki berbagai jenis peserta dari banyak latar belakang, termasuk pengembang (developer), peneliti, pengguna internet, badan usaha komersial, dan organisasi.[3] Mereka berkumpul untuk mengeksplorasi kemajuan terkini dalam teknologi Web dan tren yang sedang berkembang, termasuk evolusi dan popularitas eTV dan eBusiness. Tujuan utama dari konferensi web adalah untuk memajukan pemahaman bersama tentang teknologi dan mempromosikan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.[4] Konferensi ini biasanya mencakup berbagai acara, seperti acara konferensi utama, tutorial dan lokakarya, serta ada pula ruang an khusus yang didedikasikan untuk mengenang sejarah Web dan peristiwa-peristiwa penting tertentu. Konferensi ini diselenggarakan oleh IW3C2 bekerja sama dengan World Wide Web Consortium (W3C), Panitia Lokal, dan Panitia Program Teknis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "IW3C2 - Past and Future Conferences". web.archive.org. 2016-11-10. Diakses tanggal 2024-03-10. 
  2. ^ "ACM SIGWEB to Sponsor and Organize Leading International Web Conference Series". www.acm.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-10. 
  3. ^ Business/Technology Editors (2000-05-15). "Ninth international world wide web conference opens today: Latest developments in trend-setting technologies revealed". Business Wire. Diakses tanggal 2024-10-03. 
  4. ^ Business & Hi-Tech Editors. (1999-04-19). "Web inventor tim berners-lee to keynote; premier international world wide web conference". Business Wire. Diakses tanggal 2024-03-10.