Lompat ke isi

The Talented Mr. Ripley (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Talented Mr. Ripley
Edisi AS pertama
Penulis Patricia Highsmith
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Seri Ripliad
Genre Novel kejahatan
Penerbit  • Coward-McCann (Amerika Serikat)

 • Cresset Press (Britania Raya)
Tanggal penerbitan
30 November 1955[1]
Jenis media Cetakan (sampul keras, sampul tipis)
Halaman 252
<abbr title="<nowiki>Online Computer Library Center number</nowiki>">OCLC 2529516
Karya selanjutnya Ripley Under Ground 

The Talented Mr. Ripley adalah novel cerita seru psikologi karya Patricia Highsmith yang diterbitkan tahun 1955. Novel ini memperkenalkan tokoh Tom Ripley, yang kembali diceritakan dalam empat novel selanjutnya. Novel ini telah diadaptasi beberapa kali menjadi film, termasuk film dengan judul yang sama di tahun 1999.

Alur[sunting | sunting sumber]

Tom Ripley adalah seorang anak muda yang berjuang untuk hidupnya di Kota New York dengan segala cara yang diperlukan, termasuk serangkaian tipu muslihat kepercayaan. Suatu hari, dia didekati oleh raja perkapalan, Herbert Greenleaf, untuk melakukan perjalanan ke "Mongibello" (berdasarkan kota kecil peristirahatan Positano), di Italia, untuk membujuk putra Greenleaf yang mengembara, Dickie, agar kembali ke Amerika Serikat untuk bergabung dengan bisnis keluarga. Ripley setuju dan membesar-besarkan pertemanannya dengan Dickie, seorang kenalan yang setengah diingatnya, untuk memperoleh kepercayaan Greenleaf tua.

Tak lama setelah kedatangannya di Italia, Ripley bertemu dengan Dickie dan kekasih Dickie, Marge Sherwood. Dickie membolehkan Tom Ripley untuk tinggal bersamanya di rumah Italianya. Ketika Ripley dan Dickie menghabiskan waktu lebih banyak bersama, Marge merasa diabaikan. Namun, tak lama setelah kedatangan Ripley, Freddie Miles, seorang kawan sekolah Dickie, mengunjungi rumah musim panas Dickie. Tom mulai merasa cemburu pada Freddie, dan menjadi lebih dekat pada Marge karena kesamaan kesedihan akibat beralihnya kesetiaan Dickie.

Dickie merasa terganggu ketika tanpa diduga dia menemukan Ripley di kamarnya mengenakan pakaiannya dan menirukan tindak-tanduknya. Sejak saat itu, Ripley merasakan bahwa Dickie mulai merasa jemu terhadapnya, menolak kehadirannya dan ketergantungan pribadinya yang tumbuh membesar. Ripley memang telah terobsesi dengan Dickie, yang kemudian diperkuat oleh hasratnya untuk menirukannya dan mempertahankan gaya hidup orang kaya yang dibiayai Dickie. Untuk menentukan sikap pada Ripley, Dickie bersetuju melakukan perjalanan dengannya saat liburan pendek ke San Remo. Ripley merasakan Dickie hendak memutuskan hubungan dengannya, sehingga akhirnya dia memutuskan untuk membunuh Dickie dan mengambil identitasnya. Ketika mereka berdua berlayar menggunakan sebuah perahu kecill, Ripley memukulinya sampai mati dengan dayung, membuang mayatnya ke dalam air setelah membebaninya dengan jangkar, lalu menenggelamkan perahunya.

Ripley mengambil identitas Dickie, hidup dari dana perwaliannya dan dengan cermat berkomunikasi dengan Marge untuk meyakinkannya bahwa Dickie telah memutuskannya. Ripley memalsukan cek dan mengubah penampilannya agar lebih mirip dengan Dickie untuk dapat melanjutkan gaya hidup mewah yang telah dinikmatinya. Freddie Miles bertemu dengan Ripley di tempat yang seharusnya merupakan apartemen Dickie di Roma; dia segera mencurigai telah terjadi sesuatu yang salah. Ketika Miles akhirnya mengonfrontasinya, Ripley membunuhnya dengan asbak kaca yang berat di dalam apartemen itu. Dia kemudian membuang mayatnya di perbatasan Roma, dan berusaha membuat polisi mempercayai perampok telah membunuh Miles.

Ripley memasuki permainan kucing dan tikus dengan polisi Italia, tetapi berhasil membuat dirinya sendiri aman dengan menggunakan identitasnya sendiri lagi dan pindah ke Venesia. Kemudian, Marge, ayah Dickie, dan seorang detektif swasta mengonfrontasi Ripley, yang memberi kesan pada mereka bahwa Dickie depresi dan mungkin telah bunuh diri. Marge tinggal sementara waktu di rumah sewaan Ripley di Venesia. Ketika dia menemukan cincin Dickie dalam kepemilikan Ripley, dia terlihat hampir menyadari kebenarannya. Karena merasa panik, Ripley menimbang untuk membunuh Marge, tapi dia selamat ketika mengatakan bahwa jika Dickie memberikan cincinnya kepada Ripley, mungkin dia memang bermaksud bunuh diri.

Kisahnya ditutup dengan Ripley melakukan perjalanan ke Yunani dan pasrah jika akhirnya ditangkap. Namun, dia menemukan keluarga Greenleaf telah menerima kematian Dickie dan mereka telah menransfer warisannya kepada Ripley – sesuai dengan surat wasiat yang dibuat Ripley dengan menggunakan mesin ketik Hermes milik Dickie. Meskipun bukunya berakhir dengan Ripley berbahagia dengan menjadi kaya, buku ini juga memberi kesan bahwa mungkin dia selamanya diikuti oleh perasaan paranoid. Dalam salah satu paragraf terakhir, dengan gugup dia membayangkan sekelompok petugas kepolisian sedang menunggu untuk menangkapnya, dan Highsmith membuat tokohnya bertanya-tanya, "...apakah dia akan melihat polisi menunggunya di setiap pelabuhan yang didatanginya?" Namun Ripley cepat-cepat menyingkirkan pikiran itu dan melanjutkan perjalannya.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1956, <i>Mystery Writers of America</i> menominasikan novel ini untuk Edgar Allan Poe Award sebagai novel terbaik.[2] Di tahun 1957, novel ini memenangkan Grand Prix de Littérature Policière sebagai novel kejahatan internasional terbaik.[3]

Pada tanggal 5 November 2019, BBC News memasukkan The Talented Mr. Ripley dalam daftar yang dibuatnya untuk 100 novel yang paling menginspirasi.[4]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Novel ini pertama kali diadaptasi untuk episode Januari 1956 seri televisi antologi Studio One.
  • Ripley, satu serial untuk Showtime yang dibintangi Andrew Scott sebagai Tom Ripley, diumumkan pada bulan September 2019. Delapan episode untuk musim pertama dipesan oleh Showtime, untuk ditulis dan disutradai Steven Zaillian, yang menawarkan seri ini pada jaringan itu.[5][6][7]

Film[sunting | sunting sumber]

Radio[sunting | sunting sumber]

  • Adaptasi BBC Radio 4 tahun 2009 untuk novel Ripley dibintangi Ian Hart sebagai Ripley, Stephen Hogan sebagai Dickie, dan Barbara Barnes sebagai Marge.

Buku audio[sunting | sunting sumber]

  • Di tahun 2007, sebuah buku audio yang lengkap diterbitkan, dikisahkan oleh David Menkin.

Teater[sunting | sunting sumber]

  • Di tahun 2010, novel ini diadaptasi menjadi sebuah produksi panggung di Royal Theatre Northampton, dibintangi oleh Michelle Ryan.[10]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "List of Books Published Today". The New York Times: 31. November 30, 1955.
  2. ^ Milligan, Michael (2011). "Edgar Award Winners and Nominees Database". Mystery Writers of America. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-27. Diakses tanggal 23 September 2012. 
  3. ^ "Guide des Prix littéraires". (in French) Guide des Prix littéraires, online ed. Diakses tanggal 17 Juni 2018. 
  4. ^ "100 'most inspiring' novels revealed by BBC Arts". BBC News. 2019-11-05. Diakses tanggal 2019-11-10. The reveal kickstarts the BBC's year-long celebration of literature. 
  5. ^ O'Connell, Michael (25 September 2019). "Andrew Scott to Play Talented Mr. Ripley in Showtime Series". The Hollywood Reporter. Los Angeles, California: Eldridge Industries. Diakses tanggal 7 Januari 2020. 
  6. ^ "Showtime Orders Drama Series Ripley with Andrew Scott in Title Role" (Siaran pers). Showtime Press Express. Diakses tanggal 28 September 2019. 
  7. ^ Reddish, David (26 September 2019). "Out actor Andrew Scott, Fleabag's hot priest, to play Tom Ripley for Showtime". Queerty. Diakses tanggal 7 Januari 2020. 
  8. ^ Baradwaj Rangan (7 September 2012). "Lights, Camera, Conversation… "The attempt to judge an attempt"". Baradwaj Rangan. Diakses tanggal 13 Februari 2017. 
  9. ^ Malini Mannath (20 Agustus 2012). "Naan (Tamil)". The New Indian Express. Diakses tanggal 13 Februari 2017. 
  10. ^ "Bionic Woman stars in Northampton". 15 September 2010. Diakses tanggal 5 November 2018. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]