The Strand Magazine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

The Strand Magazine adalah nama sebuah majalah yang diterbitkan di Inggris dari Januari 1891 - Maret 1950 berisi cerpen-cerpen fiksi dan artikel umum. Popularitasnya langsung dibuktikan dengan penjualan awal hampir 300.000 eksemplar. Penjualannya meningkat di bulan-bulan awal lalu menetap pada angka 500.000 eksemplar per bulan yang berlangsung sampai tahun 1930-an. Majalah ini disunting oleh Herbert Greenhough Smith dari tahun 1891-1930. Kantor asli majalah ini ada di Burleigh Street, London yang kemudian dihidupkan kembali pada tahun 1998 sebagai majalah triwulanan di Birmingham, Michigan.

Dulunya majalah ini biasa dijilid sehingga menjadi volume enam bulanan, dari Januari sampai Juni dan Juli sampai Desember. Akan tetapi, pada pertengahan tahun 1930-an hal ini terus berubah. Volume terakhir di pengujung tahun 1940-an dimuat dari Oktober sampai Maret dan April hingga September. Volume terakhir, volume CXVIII (118), dimuat dari Oktober 1939 sampai Maret 1950.

Isi[sunting | sunting sumber]

Cerita - Cerita Fiksi[sunting | sunting sumber]

Cerita-cerita Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle pertama kali diterbitkan oleh The Strand Magazine dengan ilustrasi dari Sidney Paget. Dengan serialisasi dari The Hound of the Baskervilles milik Doyle, penjualan semakin memuncak. Para pembaca mengantri di luar kantor majalah, menunggu untuk mendapatkan terbitan selanjutnya. Cerita- cerita E. W. Hornung tentang A. J. Raffles, si pencuri, pertama kali muncul di The Strand Magazine pada tahun 1890-an. Penyumbang karangan yang lainnya ialah, Grant Allen, Margery Allingham, J. E. Preston Muddock, H. G. Wells, E. C. Bentley, Agatha Christie, Mary Angela Dickens, C. B. Fry, Walter Goodman, E. Nesbit, W. W. Jacobs, Rudyard Kipling, Arthur Morrison, Dorothy L. Sayers, Georges Simenon, Edgar Wallace, Max Beerbohm, P. G. Wodehouse, Dornford Yates, dan Winston Churchill. Sebuah sketsa yang digambar oleh Ratu Victoria bergambar salah satu anaknya pernah diperlihatkan dengan pesetujuannya.

Teka-Teki[sunting | sunting sumber]

The Strand Magazine juga dikenal sebagai sumber teka–teki pengasah otak, dalam kolom bernama "Perplexities", pertama kali ditulis oleh Henry Duddeney. Dudeney memperkenalkan banyak konsep-konsep baru kepada dunia teka–teki, termasuk teka–teki silang angka pada 1926. Pada tahun yang sama, Dudeney menulis sebuah artikel “The Psychology of Puzzle Crazes”, merefleksikan dan menganalisis permintaan karya semacam itu. Ia menyunting Perplexities dari 1910 hingga ia meninggal pada 1930. G. H. Savage menggantikan posisinya sebagai editor kolom tersebut kemudian bergabung dengan Willam Thomas Williams (W.T. Williams), yang dikenal dengan teka-teki silang angka seperti pada saat ini. Teka–teki tersebut memiliki banyak nama. Pada mulanya, “The Little Pigley Farm” lalu bergubah menjadi "Dog's Mead", "Little Pigley", "Little Piggly Farm", "Little Pigsby", "Pilgrims’ Plot", dan "Dog Days".

Hari Terakhir[sunting | sunting sumber]

Format majalah berubah menjadi lebih kecil pada Oktober 1941. The Strand Magazine berhenti mempublikasikan majalah pada Maret 1950, harus keluar dari pasar karena penurunan sirkulasi dan kenaikan biaya. Editor terakhirnya adalah Macdonald Hastings, seorang wartawan perang terkemuka dan kemudian menjadi reporter TV dan kontributor komik Eagle.

Kebangkitan Tahun 1998[sunting | sunting sumber]

The Strand Magazine kembali dipublikasikan pada 1998 sebagai majalah triwulanan, sekarang berbasis di Birmingham, Michigan. Majalah ini telah mempublikasikan cerita-cerita fiksi karya para penulis tekenal termasuk diantaranya, John Mortimer, Ray Bradbury, Alexander McCall Smith, Ruth Rendell, Colin Dexter, Edward Hoch, James Grippando, and Tennessee Williams.

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://strandmag.com/

https://www.arthur-conan-doyle.com/index.php/The_Strand_Magazine

Berkas:250px-Strand-1923-10
The Strand Magazine (october 1923)