Dewan Bangunan Tinggi dan Hunian Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Skyscraper Center)
Council on Tall Buildings and Urban Habitat
SingkatanCTBUH
Tanggal pendirian1969
TipeOrganisasi nirlaba
TujuanMengkaji dan melaporkan segala aspek bangunan tinggi dan rancangan kota
Kantor pusatChicago, Amerika Serikat
Wilayah layanan
Internasional
Situs webwww.ctbuh.org

Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban (Inggris: Council on Tall Buildings and Urban Habitat, CTBUH) adalah sebuah lembaga internasional dalam bidang bangunan tinggi dan rancangan urban yang mapan. Organisasi nirlaba yang berpusat di Institut Teknologi Illinois di kota Chicago, Illinois ini berfungsi mengumumkan penerima gelar ‘Bangunan Tertinggi di Dunia’ dan juga merupakan badan berkuasa yang memberi ukuran resmi ketinggian bangunan. Dewan ini didirikan di Universitas Lehigh pada tahun 1969, di mana terletaknya kantor hingga berpindah ke Institut Teknologi Illinois pada Oktober 2003.

Penarafan bangunan tertinggi[sunting | sunting sumber]

CTBUH menempatkan ketinggian bangunan dengan tiga kaidah berbeda:

  1. Hingga lantai reka bina bangunan. Inilah kriteria utama yang digunakan oleh CTBUH untuk menempatkan ketinggian bangunan. Ketinggian diukur dari tingkat pintu masuk terbuka penting yang terendah, hingga ke atas bangunan, termasuk mercu kecuali benda-benda seperti tiang bendera atau antena.
  2. Hingga lantai tertinggi: Ketinggian hingga tingkat yang tertinggi dalam bangunan.
  3. Hingga ujung antena: Ketinggian hingga ujung puncak, antena, tiang atau tiang bendera.

Kategori yang mengukur hingga ke atas atap digugurkan dari kriteria pendudukan bangunan tertinggi pada November 2009.[1] Ini disebabkan pencakar langit beratap rata tidak sesering ditemui pada zaman modern seperti pencakar langit yang berarsitektur rumit dan ciri-ciri parapet dinding cucur pada atapnya, menjadikannya lebih sukar menentukan atap bangunan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CTBUH changes height criteria, Burj Dubai height increases". Council on Tall Buildings and Urban Habitat. 17 November 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-05. Diakses tanggal 18 November 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]