The Silent Forest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Silent Forest
Berkas:The Silent Forest 無聲 2020.jpg
Nama lain無聲
SutradaraKo Chen-Nien
ProduserArthur Chu Yu-ning
Ditulis olehKo Chen-Nien
Lin Pin-chun
PemeranBuffy Chen
Troy Liu
Liu Kuan-ting
Yang Kuei-mei
Penata musikLu Luming
PenyuntingMilk Su
Chen Chun-hung
Perusahaan
produksi
PTS
mm2 Entertainment
Redbit Pictures
DistributorCatchplay
PTS
Tanggal rilis
{{25 Juni 2020Taipei Film Festival|15 Oktober 2020|Taiwan|11 Oktober 2019|Hong Kong|1 Juni 2021|Malaysia|30 Juni 2021|Thailand|mf=y}}
Durasi104 menit
NegaraTaiwan
BahasaBahasa Mandarin, Bahasa Hokkien, Bahasa isyarat Taiwan
AnggaranNT$30 juta
Pendapatan
kotor
NT$50.05 juta [1]

The Silent Forest atau Hutan yang Sunyi ( Hanzi: 無聲 ) adalah sebuah film drama thriller psikologis sosial dari Taiwan yang rilis di 2020 dan disutradarai oleh Sutradara Ko Chien-Nien.[2] Film ini terinspirasi oleh skandal pelecehan seksual di Sekolah Khusus Nasional Tainan, sebuah sekolah tunarungu di Taiwan.[2][3] Film ini mendapat nominasi untuk 8 Golden Horse Awards dan memenangkan 2 penghargaan,untuk Pendatang Baru Terbaik dan Penata Suara Terbaik.[4] Film ini dirilis di Taiwan pada 15 Oktober 2020 dan dirilis secara eksklusif di HowPro+ dan Disney+ Hotstar di Malaysia pada 1 Juni 2021, dan di Thailand pada 30 Juni 2021.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Troy Liu sebagai Chang Chen
  • Buffy Chen sebagai Yao Bei Bei
  • Liu Kuan-ting sebagai Wang Ta-chun
  • Yang Kuei-mei sebagai Kepala Sekolah
  • Kim Hyun-bin sebagai Xiao Guang
  • Jimmy Pan Chin-Yu sebagai Yu Xiang
  • Tai Bo sebagai kakek Bei Bei
  • Chang Pen-yu sebagai ibu Zhang Cheng
  • Vera Chen sebagai instruktur kelas
  • Fan Ruixiu sebagai Baodi
  • Wang Shihao sebagai Da Hungry
  • Liao Junwei sebagai Weihua
  • Zheng Weiyi sebagai Si Kecil Bengkok
  • Wang Jianmin sebagai Guru Weng
  • Zeng Peiyu sebagai ibu Xiaoguang
  • Huang Shang-Ho sebagai petugas polisi

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada adegan awal, kita melihat seorang remaja laki-laki, Chang Cheng (yang diperankan oleh Tzu-Chuan Liu) mengejar seorang lelaki tua. Chang Cheng akhirnya menyusul pria tua itu dan mulai memukulnya tepat di depan beberapa petugas polisi. Petugas menarik Chang Cheng dari pria tua itu. Petugas tidak dapat memahami apa yang anak itu coba katakan kepada mereka, jadi mereka membawanya ke kantor polisi. Para petugas menyadari bahwa Chang Cheng tuli dan mereka tidak dapat berkomunikasi dengannya. Seorang guru, Tuan Wang (diperankan oleh Kuan-Ting Liu) dari sekolah barunya untuk tuna rungu muncul di stasiun dan membantu Chang Cheng berkomunikasi. Chang Cheng menuduh lelaki tua itu mencuri dompetnya di kereta, tetapi petugas mengklaim bahwa lelaki tua itu menemukan dompet itu dan itu semua salah paham. Tuan Wang menerjemahkan untuk Chang Cheng, tetapi memberi tahu petugas bahwa Chang Cheng menyesal telah memukul orang tua itu untuk membebaskannya dari masalah. Chang Cheng bertanya pada Tuan Wang apakah dia percaya padanya, dan Tuan Wang menjawab bahwa dia cenderung mempercayai mereka yang tuli.

Tuan Wang membawa Chang Cheng ke sekolah barunya, tempat semua anak bermain dan bersenang-senang bersama. Tuan Wang mengundang Chang Cheng ke pesta dansa sekolah malam itu. Chang Cheng tidak mengenal siapa pun di sekolah, jadi berdiri sendiri, tetapi akhirnya dia ditarik ke kerumunan untuk menari dan mulai menikmati dirinya sendiri.

Keesokan harinya, Chang Cheng berada di bus menuju sekolah di mana dia melihat teman sekelasnya Bei Bei (diperankan oleh Buffy Chen). Dia melihat dia berbicara dan tertawa dengan teman-temannya, kemudian melihat bahwa dia sangat tertarik pada aktor di atas panggung. Di kelas, Chang Cheng terus memperhatikan Bei Bei, dia melihat Bei Bei bertingkah aneh jadi dia melempar kertas ke arahnya dan bertanya apa yang dia lakukan. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia menahan napas dan terus melakukannya. Malam itu, Chang Cheng bangun dari tempat tidur untuk mencari wifi, tapi dia melihat beberapa lampu berkedip di kamar mandi. Dia perlahan berjalan untuk memeriksa, tapi kemudian melihat Bei Bei menyorotkan cahaya ke arahnya dari bawah. Dia mengatakan kepadanya untuk keluar dan membawanya ke kolam renang sekolah. Chang Cheng bertanya tentang lampu yang berkedip di kamar mandi, dan Bei Bei menjawab bahwa mereka hanya bermain. Dia mengenakan pakaian renang di balik bajunya, dan dia melompat ke kolam untuk menghindari menjawab pertanyaan lagi. Bei Bei ingin belajar berenang.

Keesokan harinya di bus, Chang Cheng sangat puas dengan kehidupan barunya. Dia melihat ke arah Bei Bei dan melihat bahwa dia tidak ada di tempat duduknya. Dia mencarinya dan memperhatikan bahwa ada sweater yang digantung sebagai pembatas. Dia menuju ke belakang untuk menemukan sekelompok anak laki-laki menahan Bei Bei dan memperkosanya. Pemimpin kelompok, Xiao Guang (diperankan oleh Kim Hyeon-Bin) memberi isyarat kepada Chang Cheng untuk merahasiakannya. Kelompok itu terus memperkosa Bei Bei saat dia menangis, mereka melemparkan sweter ke atas kepalanya. Chang Cheng melihat dengan ngeri dan akhirnya lari dari mereka. Pendamping bus memperhatikan apa yang sedang terjadi, tetapi tetap diam. Malam itu, ibunya bertanya apakah Chang Cheng punya teman baru dan apakah dia menyukai sekolah barunya. Chang Cheng hanya mengangguk.

Keesokan harinya di sekolah, Chang Cheng melihat Bei Bei bermain sepak bola dengan sekelompok anak laki-laki yang sama yang memperkosanya. Pada malam hari, Chang Cheng ditarik dari tempat tidurnya oleh sekelompok anak laki-laki dan diseret ke kamar mandi. Xiao Guang memberi tahu Chang Cheng bahwa mereka harus bermain bersama. Sekelompok anak laki-laki mencoba memaksa Chang Cheng ke kamar mandi, tetapi alarm berbunyi dan anak-anak lelaki itu berhamburan. Chang Cheng pergi ke kolam renang bersama Bei Bei, di mana dia bertanya padanya apakah dia yang menyalakan alarm, mengapa dia masih bermain dengan anak laki-laki itu dan mengapa dia tidak memberi tahu para guru. Bei Bei memberi tahu Chang Cheng bahwa dia harus tetap diam atau mereka akan menggertaknya juga. Bei Bei mengatakan anak laki-laki selalu baik padanya, tapi dia tidak suka jika mereka menggertak dan memperkosanya. Dia mengklaim mereka hanya bermain. Bei Bei memberi tahu Chang Cheng bahwa semuanya baik-baik saja dan dia harus menggertaknya dengan mereka, jadi dia tidak akan sendirian.

Keesokan harinya, Chang Cheng memberi tahu Tuan Wang apa yang terjadi, lalu menarik Bei Bei dari bus dan membawanya ke Tuan Wang. Bei Bei tidak akan mengakui apa yang terjadi pada awalnya, karena dia tidak ingin mengkhianati mereka. Bei Bei akhirnya bisa mengatakan yang sebenarnya kepada Tuan Wang. Dia mengatakan kepadanya bahwa ketika mereka menggertaknya, dia berteriak minta tolong dan menyuruh mereka berhenti, tetapi mereka terus melakukannya.

Flashback ke masa lalu, kita melihat Bei Bei sangat bahagia di dalam bus. Semua orang bersenang-senang dan bermain bersama. Seorang teman sekelas duduk di sebelahnya dan mereka terus bermain, tapi anak laki-laki itu mulai menjadi agresif dan Bei Bei mencoba untuk mendorongnya menjauh. Tapi dia menjadi lebih agresif dan mulai menyerangnya secara seksual. Siswa perempuan lain mencoba membantunya, tetapi anak laki-laki mendorongnya menjauh. Dia pergi ke guru di depan bus untuk meminta bantuan, tetapi guru hanya melambaikan tangannya. Anak itu memperkosa Bei Bei. Dia menuliskan apa yang terjadi dan memberitahu guru perempuannya. Guru menyalakannya dan mengklaim bahwa mereka anak laki-laki adalah anak-anak yang baik dan mereka tidak akan pernah menyakitinya, jika mereka tahu dia tidak menyukai apa yang mereka lakukan. Bei Bei terlihat kalah.

Kembali ke masa sekarang, Tuan Wang mengonfrontasi kepala sekolah tentang situasi tersebut, tetapi kepala sekolah mencoba untuk menyalakan gas Tuan Wang agar tetap diam. Tuan Wang mengatakan dia bukan guru lain dan dia tidak akan tinggal diam. Pada hari-hari berikutnya, kepala sekolah dan Tuan Wang mewawancarai semua siswa dan mengetahui bahwa setiap orang telah menjadi korban pemerkosaan, kekerasan seksual, penindasan, dan banyak lagi. Semua siswa mengatakan bahwa mereka dipaksa untuk menggertak/menyerang/memperkosa orang lain oleh Xiao Guang. Selama wawancara Xiao Guang, mereka bertanya mengapa dia melakukannya dan dia bilang dia hanya bermain. Orang tua Xiao Guang dipanggil dan dia dimarahi oleh mereka. Xiao Guang membalas dendam dengan menyuruh sekelompok anak laki-laki memukuli Chang Cheng. Kakek Bei Bei membuatnya tinggal di rumah dari sekolah.

Chang Cheng bertemu dengan Bei Bei untuk menonton film. Teater ganda memesan tempat duduk mereka, jadi pasangan itu pergi ketika pasangan mengklaim tempat duduk mereka dan membuat keributan. Dalam perjalanan pulang, pasangan itu melihat seorang pria dipukuli di sebuah gang. Bei Bei memberi tahu Chang Cheng bahwa dia ingin kembali ke sekolah, karena dia berkata dia tidak dapat bertahan hidup di dunia luar. Chang Cheng meminta Tuan Wang untuk membantu meyakinkan kakek Bei Bei untuk mengizinkannya kembali ke sekolah, tapi kakeknya tidak bergeming. Hari berikutnya Chang Cheng mencoba berkomunikasi dengan kakeknya melalui teks di teleponnya, tetapi dia tidak mau melihat. Chang Cheng kehilangan alat bantu dengarnya saat kakek mendorongnya menjauh, dan karena dia tidak bisa mendengar, Chang Cheng hampir tertabrak gerobak pemilik toko. Pemilik toko marah dan berteriak pada Chang Cheng. Kakek mengasihani Chang Cheng dan membantunya dengan meminta maaf dan membayar kerusakannya. Kakek mendengarkan penjelasan Chang Cheng dan mengizinkan Bei Bei kembali ke sekolah ketika Chang Cheng mengatakan dia akan melindunginya.

Di kafetaria keesokan harinya, Chang Cheng duduk dengan Bei Bei dan dia melihat Xiao Guang marah setelah melihat teleponnya. Bei Bei diantar pulang oleh Tuan Wang, tetapi ketika mobil pergi, Chang Cheng dicengkeram oleh sekelompok anak laki-laki. Xiao Guang memberi tahu Chang Cheng bahwa Bao Di (diperankan oleh Fan Riu Xiu) ingin bermain dengannya. Xiao Guang memberitahu Chang Cheng untuk melakukan oral pada Bao Di, yang disumpal dan ditahan oleh sekelompok anak laki-laki. Jika Chang Cheng melakukan ini, maka mereka tidak akan menggertak Bei Bei lagi. Chang Cheng melakukan apa yang diperintahkan kepada Bao Di yang menolak yaitu pemerkosaan, sementara salah satu anak laki-laki merekamnya di teleponnya.

Keesokan harinya pada upacara sekolah, Xiao Guang tampak terganggu dengan apa yang ada di ponselnya. Dia berlari ke lapangan di mana dia jelas emosional. Chang Cheng membawakan makan siang untuknya dan Bei Bei, tapi dia tidak berada di tempat yang seharusnya mereka temui. Dia akhirnya berada di kamar mandi. Dia diperkosa lagi oleh Xiao Guang. Dia memberi tahu Wang bahwa dia ingin tetap bersekolah dan apa yang terjadi bukanlah apa-apa. Dia tidak ingin kakek-neneknya menyalahkan Tuan Wang dan dia akan lebih berhati-hati. Tuan Wang sangat marah dan berjalan pergi. Chang Cheng menemukan Xiao Guang dan memukulinya.

Xiao Guang berakhir di rumah sakit, karena dia memotong pergelangan tangannya. Ibunya berada di luar kamar rumah sakitnya dan memberi tahu Wang bahwa putranya stres karena belajar dan bahwa dia tidak melakukan hal-hal yang dituduhkan kepadanya. Tuan Wang mencoba bertanya pada Xiao Guang apa yang terjadi, tapi Xiao Guang tidak mau terbuka. Dia terus mengatakan mereka hanya bermain-main. Sementara itu, video Chang Cheng dan Bao Di dan ditunjukkan kepada ibunya, yang menyuruhnya pindah sekolah di rumah. Chang Cheng menolak dan ibunya terus menyalahkannya. Bei Bei melihat video dari jendela dan menghadapkan Bao Di tentang apa yang terjadi. Bao Di jelas kesal dan berkata Chang Cheng menyerangnya dan menolak pergi bersama Bei Bei untuk menjelaskan pada gurunya. Bao Di memberi tahu Bei Bei bahwa Chang Cheng melakukannya, untuk membuat mereka berhenti menggertak Bei Bei.

Bei Bei pergi ke dokter untuk menjalani operasi. Chang Cheng dan Tuan Wang mencari Bei Bei untuk menghentikannya, tapi Chang Cheng tertabrak sepeda motor dan pingsan. Tuan Wang menemukan Bei Bei dan operasi belum selesai. Kantor tidak bersih dan Bei Bei dalam keadaan koma karena infeksi. Kami mengetahui bahwa operasi itu untuk mencegah Bei Bei hamil jika dia diperkosa lagi.

Xiao Guang masih di rumah sakit, di mana dia dikunjungi oleh seseorang. Chang Cheng mengamuk dan dia berlari ke kamar rumah sakit Xiao Guang dengan palu, hanya untuk menemukan Xiao Guang di lantai memotong pergelangan tangannya lagi. Keesokan harinya, dua anak laki-laki menunjukkan kepada Chang Cheng sebuah video dari kamera keamanan sekolah yang menunjukkan bahwa seorang guru, Weng, memperkosa dan menyerang Xiao Guang sejak dia masih kecil. Chang Cheng menunjukkan video itu kepada Tuan Wang, yang menghadapkan kepala sekolah. Kepala sekolah tahu selama ini dan terus mencoba dan menyalakan gas Mr. Wang. Tuan Wang berbicara dengan Xiao Guang tentang hal ini, yang mengungkapkan bahwa dia ingin membenci Tuan Weng, tapi dia tidak bisa. Ketika Weng mengunjungi Xiao Guang di rumah sakit, Xiao Guang benar-benar menyentuh Weng. Xiao Guang tidak berpikir dia pantas untuk hidup.

Kisah sekolah diterbitkan di surat kabar dan kepala sekolah dipecat. Anak-anak di bus lagi dan tampaknya menyenangkan dan ringan hati lagi. Tapi di belakang bus, Bao Di memelototi Chang Cheng yang sedang bersenang-senang dengan teman sekelasnya. Dia memiliki sweter di pangkuannya, dan dia bangun dan melihat teman sekelasnya tertidur. Dia mungkin Xiao Guang berikutnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "全國電影票房2021年02/15-02/21統計資訊" (PDF). 國家電影及視聽文化中心. 2021-02-25. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2021-02-25. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  2. ^ a b "The Silent Forest: powerful Taiwanese sexual abuse drama". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). 2020-11-16. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  3. ^ "Movie prompts ministry official to pledge initiative against sexual harassment". Taipei Times. 2020-10-30. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  4. ^ "陳姸霏「無聲」手語精湛演出 奪金馬獎新演員". CNA Taiwan. 2020-11-21.