The Palisades (Sungai Hudson)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Palisades, juga disebut sebagai Palisades New Jersey atau Palisades Hudson River, adalah serangkaian tebing curam di sepanjang sisi barat Sungai Hudson bagian bawah di New Jersey Timur Laut dan New York Tenggara di Amerika Serikat. Tebing ini membentang ke utara dari Jersey City sekitar 20 mil (32 km) hingga dekat Nyack, New York, dan terlihat di Haverstraw, New York. Mereka naik hampir secara vertikal dari dekat tepi sungai, dan memiliki ketinggian sekitar 300 kaki (90 m) di Weehawken, meningkat perlahan menjadi 540 kaki (160 m) di dekat ujung utara mereka. Utara Fort Lee, Palisades merupakan bagian dari Taman Palisades Interstate dan merupakan Tempat Bersejarah Alam Nasional.

Palisades adalah salah satu fitur geologis yang paling dramatis di sekitar Kota New York, membentuk sebuah ngarai di sepanjang Sungai Hudson utara Jembatan George Washington, sekaligus memberikan pemandangan panorama langit-langit Manhattan. Mereka terletak di Cekungan Newark, cekungan retakan yang sebagian besar terletak di New Jersey.

Kata "Palisade" berasal dari akar yang sama dengan kata "tiang", yang berasal dari kata Latin "palus", yang berarti tiang. Sebuah "palisade" pada umumnya adalah pagar atau tembok pertahanan yang terbuat dari tiang kayu atau batang pohon. Suku Lenape menyebut tebing-tebing ini sebagai "batu-batu yang terlihat seperti barisan pohon", sebuah frasa yang menjadi "Weehawken", nama sebuah kota di New Jersey yang terletak di puncak tebing melintang dari Midtown Manhattan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]