The O.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The O.C.
The O.C.jpg
Format Drama remaja
Pembuat Josh Schwartz
Lagu pembuka "California" oleh Phantom Planet
Negara Amerika Serikat
Jumlah episode 92
Produksi
Produser eksekutif Dave Bartis
Robert De Laurentiis
Doug Liman
McG
Josh Schwartz
Durasi sekitar 42 menit
Siaran
Stasiun televisi FOX
Format gambar 480i (SDTV),
720p (HDTV)
Siaran sejak 5 Agustus 2003  22 Februari 2007
Pranala luar
http://www.fox.com/oc/

The O.C. adalah sebuah serial televisi Amerika Serikat, diproduksi oleh jeringan televisi FOX dan disiarkan di berbagai belahan dunia. Seri ini mengisahkan cerita tentang sekelompok remaja dan keluarga mereka di sebuah daerah pemukiman orang kaya bernama Orange County (Kabupaten Orange - yang diambil sebagai judul film seri ini).

Bab pertamanya ditayangkan pertama kali pada 5 Agustus 2003, menjadikannya sebagai salah satu yang paling berhasil di pertelevisian Amerika. Selain itu seri ini telah dinobatkan sebagai drama pertama bagi para remaja atas saran dan kritik dari Beverly Hills 90210, satu dekade sebelumnya. Empat musim belakangan, FOX menyatakan pembatalan seri, pada 3 Januari 2007. Episode terakhir ditayangkan pada 22 Februari 2007. Seri ini, produksi dari Josh Schwartz, menjadi yang terbaik lewat digabungkannya komedi, humor tetek bebek, drama juvenil dan musik kontemporer.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seri ini mengisahkan sebuah keluarga di sebelah selatan California, di Newport Beach, kabupaten Orange. Kisah ini berawal ketika Ryan Atwood, seorang remaja bermasalah dengan keluarga yang berantakan yang tinggal di Chino, sebuah daerah kumuh beberapa kilometer dari Newport Beach, terlibat dengan pencurian mobil bersama kakaknya. Oleh karena diusir oleh ibu dan bapak tirinya, ia dibawa oleh seorang pengacara publik Sandy Cohenuntuk tinggal bersama keluarganya di Newport.

Tiba di Newport Ryan berusaha untuk beadaptasi dengan kehidupan yang baru. Istri Sandy, Kirsten, anak dari seorang multimilioner dan direktor dari sebuah perusahan perumahan yang penting, dan anaknya Seth, seorang remaja friki yang tidak pernah berbaur dengan para remaja di Newport. Ryan siap menjadi bagian dari keluarga dan menjadi anak angkat dari Cohen dan sebagai sahabat Seth yang baik. Atwood memulai hubungan dengan Marissa Cooper, tetangganya, di mana mereka mulai saling mencintai.

Ryan mulai menemukan bagaimana kehidupan yang sebenarnya di Newport Beach di belakang keindahan, kekayaan dan pertunjukannya. The O.C. membahas berbagai tema, mengingatkan tetapi kadangkala mengkritik masyarakat kelas atas dari pantai barat Amerika.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penyiaran[sunting | sunting sumber]

The O.C. disiarkan oleh:

  • FOX (Amerika serikat)
  • La 2 (Spanyol)
  • Warner Channel (Smerika Latin)
  • Canal 4 (Meksiko)

Seri[sunting | sunting sumber]

Seri pertama (2003-2004)[sunting | sunting sumber]

Ryan, Sejak diterima oleh keluarga Cohen, mengenali Marissa. Mereka berdua mulai menjalin hubungan cinta yang kelihatannya sangat komplet oleh karena Marissa punya pacar yang bernama Luke. Pada akhirnya, Marissa memutuskan untuk bercerai dengan Luke demi Ryan. Summer, yang pada mulainya nggak suka sama Seth, mulai merasakan getaran cinta padanya. Sementara itu, Seth menjadi tak karuan saat munculnya Anna, seorang gadis serupa dengannya. Meskipun pada awalnya Seth lebih menyukai Anna daripada Summer, namun pada akhirnya ia sadar adanya cinta sejati kemudian memutuskan untuk memulai suatu hubungan yang formal.

Keluarga Marissa kemudian menjadi berantakan pada saat ayahnya, Jimmy, menyalahgunakan sejumlah uang dari kliennya. Julie memutuskan untuk berpisah dari Jimmy, yang mencoba memulai hidup baru, dengan membuka restoran bersama Sandy, yang menjadi pengacara pribadinya. Namun, Caleb Nichols, mertuanya Sandy, memutuskan untuk membeli restoran dan pada akhirnya mengumumkan perjanjian perkawinannya dengan Julie.

Masalah kekeluargaan Marissa bertambah lagi dengan munculnya Oliver Trask, di mana mulai menjalin persahabatan, tetapi pada akhirnya iapun jatuh cinta padanya. Hubungannya dengan Ryan menjadi hancur, dengan munculnya Theresa, salah satu kekasih lamanya. Ryan mencoba untuk melindunginya, Namun terkena pukulan dari kekasihnya yang sekarang. Pada akhirnya hubungan mereka terus berlanjut ingá Theresa mengandung. Kemudian Ryan memutuskan kembali ke Chino untuk bertangungjawab terhadap anaknya.

Seri ini diakhiri dengan keberangkatan Ryan. Marissa, dengan depresi dan masalah seriusnya serta kecanduan alkohol, pindah ke kediaman Caleb bersama ibunya, tampa memperdulikan kebangkrutan mereka. Sementara itu Seth merasa kesepian dengan kepergian teman baiknya dan memutuskan untuk meninggalkan kota tampa tujuan.

Seri kedua (2004-2005)[sunting | sunting sumber]

Theresa dengan sengaja menggugurkan bayinya saat mengetahui bahwa Ryan tidak dapat melupakan Marissa. Ryan kembali ke Newport Beach dan bersama dengan Sandy membujuk Seth agar kembali ke kota. Sekembalinya ke rumah, akan bertemu dengan Summer dan pacar barunya, Zach. Didasari dengan kecemburuan yang dirasakan Seth, diakhiri persahabatannya dengan Zach atas persaman yang dimiliki oleh keduanya. Sementara itu Marissa menjalin hubungan gelap dengan tukan kebunnya ketidaksetujuan dari ibunya akan menghambatnya. Ryan kembali kesekolah dan mulai menjalin hubungan dengan temannya Lindsay.

Sementara itu, keluarga Nichols harus tabah menghadapi penangkapan Caleb atas penyogokan dengan terungkapnya misteri bahwa Lindsay adalah anak dari hubungan gelap dengan perempuan lain yang tidak mau diakuninya. Kejadian ini mengakhiri hubungan Ryan dengan Lindsay dan juga karena Marissa masih tetap pacar Ryan.

Meskipun Seth mencoba menjalin hubungan dengan dj Alex, tetapi ternyata bersama Marissa mereka punya hubungan lesbian, dengan begitu maka digunakanlah desempatan ini untuk memojokan ibunya. Jimmy dan Julie mulai saling berbaikan dan berusaha untuk menghindari Caleb. Sementara itu, Seth, Summer dan Zach bersama mulai membangun komic dengan nama The Atomic County; di perusahan ini, benih cinta antara Seth dan Summer mulai tumbuh kembali dan pada akhirnya Summer meninggalka Zach dan kembali pada Cohen.

Sampai akhir seri ini, keharmonisan pernikahan Sandy mulai retak saat munculnya mantan pacarnya. Bersamaan dengan itu, Julie diperas oleh mantan pacarnya sebagai ganti beberapa kaset pornografí yang dibintangi pada masa mudanya. Tahu bahwa pernikahannya akan berakhir, dia memutuskan untuk melupakannya dengan menggunakan obat-obat terlarang sampai hari berikutnya ketika dilaksanakannya kontrak pernikahan, mendapatkan uangnya dengan begitu bisa memulai hidup baru dengan bapak dari anak-anaknya; meskipun ia akan menyesal pada menit-menit terakhir, Caleb meninggal pada hari itu juga. Dengan kematian bapaknya serta pernikahannya yang kian retak, Kirsten mulai jatuh ke dalam alcoholisme dan iapun dimasukan ke sebuah klinik rehabilitasi.

Pada akhirnya, Ryan harus menjemput kakaknya, Trey, yang telah dibebaskan dari penjara. Marissa berbaikan kembali terhadap ibunya dan Ryan, tetapi Trey mulai merasakan suatu getaran cinta dari gadis ini. Perkelahian antara kakak beradikpun tak dapat dielakan sampai akhirnya Ryan nyaris dibunuh oleh Trey. Melihat pacarnya hampir mati, Marissa mengambil sebuah pistol dan ditembakan pada bagian pungung Trey.

Seri ketiga (2005-2006)[sunting | sunting sumber]

Di permulaan seri ini, Trey dirawat dirumah sakit dan Marissa dipindahkan dari Harbor School satu sekolah publik a. Ibunya yang hidup dalam kebangkrutan setelah ditinggalkan oleh Caleb sebelum meninggal harus pindah ke sebuah rumah gandeng. Agar Marissa tidak boleh tahu soal situasi ini Julie mengirimnya untuk tinggal bersama Summer dan bapaknya , doctor Neil Roberts, di mana Julie memulai hubungan sentimental.

Di samping Kirsten yang mendirikan perusahan yang beroperasi dibidang kencan romantik bersama Julie, Sandy menangani kebangkrutan Grup Newport. Dalam upayanya sebuah mendirikan rumah sakit, Sandy mulai terlibat dalam hal-hal ilegal dan mulai menjauhi keluarganya.

Seth, Summer dan Ryan menghadapi kepergian Marissa dan mencoba berbagai cara agar dia bisa tinggal. Dalam proses ini, mereka berteman dengan Taylor dan pada akhirnya usaha mereka pun berhasil. Dalam perjalananya ke sekolah estatal, Marissa mengenal surfist Johnny, di mana menjadi jatuh cinta tetapi akhirnya putus juga melihat Marissa selalu berhubungan dengan Atwood.

Sekembalinya dari asrama, Kaitlin Cooper kembali tinggal bersama ibu saudara perempuanya, dan mengetahui situasi sebenarnya yang sedang dihadapi oleh Julie. Makanya , Marissa pun kembali untuk bersama menghadapi masalah itu. Setelah remaja Kaitlin mencoba hubungan dengan Johnny, crisis Herat sikologisnya membuatnya pingsang. Dibawah tekanan dan dalam pengaruh alkohol setelah ditinggalkan oleh Marissa, Johnny menaiki sebuah tebing. Saat Ryan mencoba untuk menyelamatkannya, Johnny tergelincir dan jatuh, mati.

Kematian Johnny membuat Marissa mengakhiri hubungannya dengan Ryan dan mulai berpacaran dengan si bandel Volchok, sementara pacar lamanya mulai berhubungan dengan saudara sepupu perempuanya Johnny. Perpindahan ke universitas sangat memengaruhi hubungan antara Seth dan Summer, saat Summer diterima di Brown University, tempat di mana Seth ditolak untuk memulai estudinya. Remaja itu menyembunnyikan hal ini terhadap pacarnya, tetapi pada akhirnya diceritakan dan mereka pun berbaikan.

Di akhir seri ini, Marissa terlibat narkotik dan bertengkar dengan ibu dan temannya. Meskipun begitu ia akan kembali untuk berbaikan dengan Ryan saat ditemukannya Volchok dengan wanita lain. pada akhirnya ia membohongi Atwood di mana akan melibatkannya dalam pencurian sebuah mobil. Saat berhasil menyelesaikan inciden ini, Volchok mencoba berbicara dengan Marissa tetapi Ryan menghalanginya. Empat remaja itupun akhirnya digraduasi dan seremoni itu dihadiri ibu Ryan yang kembali untuk menjengkuknya. Saat menuju bandar udara, Volchok dengan rasa dendam mulai mengikuti mereka. Volchok menabrak mobil yang ditumpangi Marissa dan Ryan hingga terjerumus kedalam got. Ryan berhasil keluar dari mobil itu akan tetapi Marissa mengalami luka yang kritis. Saat ia mencoba mencari pertolongan, Marissa memintannya untuk tetap disisinya, sebelum menghembuskan napas terakhir dipankuanya, tampa menyatakan "aku cinta kamu".

Seri keempat (2006-2007)[sunting | sunting sumber]

Di bagian terakhir ini, kematian Marissa memengaruhi semua tokoh. Ryan memutuskan untuk memulai karier sebagai tukang pukul jalanan, sementara Julie ketagihan obat-obatan. Sandy kembali menjadi pengacara publik, sementara remaja lainnya mulai meninggalkan Newport Beach untuk memulai kuliah mereka di universitas.

Summer Roberts masuk Brown University, di mana melepaskan kebiasaannya sebagai gadis materialis yang menikmati hidup dan berubah menjadi defensor lingkungan hidup. Taylor, yang baru pulang dari Prancis, bercerai dan memulai lagi hubungannya dengan Ryan. Seth dan Summer memutuskan untuk bertunangan, namun Summer masih tetap memerlukan waktu untuk menemukan jati dirinya.

Sampai akhir seri ini, muncul ayah Ryan, Frank Atwood, di mana memulai hubungannya dengan Julie Cooper, sementara Kirsten mengandung dan melahirkan seorang bayi perempuan.

Pada akhirnya keluarga Cohen pun pindah, atas gempa yang merobohkan rumah mereka di Newport, dan pergi ke tempat lama mereka Berkeley, di mana Kirsten melahirkan bayinya. Seth dan Summer pun akhirnya menikah, dan Ryan, setelah menyelesaikan estudinya, mendapatkan pekerjaan sebagai arsitek, dan mempertahankan hubungannya dengan Taylor.

Berhubungan dengan Julie Cooper, pada akhirnya ia memutuskan untuk tidak menikah, dan memulai studinya di universitas, sambil merawat anaknya, anak dari bapak Ryan, Frank.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh-tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar aktor dan tokoh yang diperankannya serta informasi mengenai penampilan mereka berdasarkan seri

Tokoh pembantu[sunting | sunting sumber]

  • Anna Stern, diperankan oleh Samaire Armstrong (seri 1 dan 3)
  • Oliver Trask, diperankan oleh Taylor Handley (seri 1 )
  • Theresa, diperankan oleh Navi Rawat (seri 1 sampai 3)
  • Eddie, diperankan oleh Eric Balfour (seri 1)
  • Hailey Nichols, diperankan oleh Amanda Righetti (seri 2)
  • Zach Stephens, diperankan oleh Michael Cassidy (seri 2)
  • TJ, diperankan oleh Nicholas Gonzalez (seri 2)
  • Lindsay Gardner, diperankan oleh Shannon Lucio(seri 2)
  • Alex Kelly, diperankan oleh Olivia Wilde (seri 2)
  • Carter Buckley, diperankan oleh Bill Campbell (seri 2)
  • Trey Atwood, diperankan Bradley Stryker (seri 1) dan Logan Marshall-Green (seri 2 dan 3)
  • Dr. Neil Roberts, diperankan Michael Nouri (seri 1 sampai 4)
  • Kevin Volchok dimainkan oleh Cam Gigandet (seri 3 dan 4)
  • Sadie dimainkan oleh Nikki Reed (seri 3)

Musik[sunting | sunting sumber]

Seri ini juga terkenal karena musiknya. Lagu yang paling terbaik, California, dinyanyikan oleh band Phantom Planet. Enam keping CD yang telah mengalunkan lagu-lagu yang sangat signifikan menyertai empat seri ini, dan satu CD espesial untuk Natal.

  • Musik dari the OC: Mix 1
  • Musik dari the OC: Mix 2
  • Musik dari the OC: Mix 3 - Have a Very Merry Chrismukkah
  • Musik dari the OC: Mix 4
  • Musik dari the OC: Mix 5
  • Musik dari the OC: Mix 6 - Covering Our Tracks

"Ch-Check It Out" dari Beastie Boys debut di episode Las Vegas al desnudo serta "Sometimes You Can't Make It On Your Own" dari U2, "Fix You" dari Coldplay dan "Cool" dari Gwen Stefani.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. ↑ Cynthia Littleton, "Fox living high life with 'Seth and Summer'" en Hollywood Reporter, 28 agustus 2003 2. ↑ http://uk.imdb.com/news/wenn/2007-01-04/#3 3. ↑ Posición dentro de los programas más vistos en Estados Unidos 4. ↑ Viewership numbers of primetime programs in the 2003-04 television season 5. ↑ Hollywood Reporter: Final audience and ratings figures for 2004-05, 27 mei 2005 6. ↑ Hollywood Reporter: 2005-06 primetime wrap, 26 mei 2006 7. ↑ CW Network May Buy The OC Regardless of Recent Cancellation Announcement