The Listener (majalah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Listener
KategoriBudaya
FrekuensiMingguan
Terbitan pertama16 Januari 1929 (1929-01-16)
Terbitan terakhir3 Januari 1991
PerusahaanBBC Magazines
NegaraBritania Raya
Berpusat diLondon
BahasaInggris
ISSN0024-4392

The Listener adalah majalah mingguan yang didirikan oleh BBC pada Januari 1929 dan dihentikan penerbitannya pada tahun 1991. Seluruh arsip digitalnya telah dibuat tersedia untuk dibeli secara daring oleh perpustakaan, institusi pendidikan, dan penelitian pada tahun 2011.[1]

Majalah ini pertama kali diterbitkan pada 16 Januari 1929, di bawah kepemimpinan editor Richard S. Lambert, dan dikembangkan sebagai media untuk merekam pidato-pidato yang disiarkan. Majalah ini juga memberikan pratinjau tentang acara-acara sastra dan musik yang penting, meninjau buku-buku baru, dan mencetak daftar terpilih dari acara-acara yang lebih intelektual untuk minggu berikutnya.

Tujuan penerbitannya adalah menjadi "media untuk penerimaan cerdas dari program-program siaran dengan cara penjelasan dan perluasan pada fitur-fitur yang tidak dapat ditangani dalam kolom editorial Radio Times saat ini". Judulnya mencerminkan kenyataan bahwa pada saat itu BBC hanya menyiar melalui radio.

(Versi BBC dari The Listener sebelumnya digantikan oleh majalah lain dengan judul yang sama yang merupakan Journal of the Wireless League.)

Edisi pertama diterbitkan sebagai selipan empat halaman di majalah Wireless World pada tanggal 24 Maret 1926. The Listener digambarkan sebagai Journal of the Wireless League dan diedit oleh Prof. A. M. Low. Terdapat juga komentar dari BBC yang menyatakan: "BBC menyambut The Listener. Kami selalu berusaha untuk kemajuan yang terus-menerus dan dengan senang hati mendengarkan kritik konstruktif dan bantuan dari sejumlah besar pendengar yang Anda wakili. The Listener harus menjadi tonggak dalam kemajuan Penyiaran Britania."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kiss, Jemima (31 March 2011). "BBC Launches Online Archive of The Listener Magazine". The Guardian. Diakses tanggal 30 November 2011. [...] all 3,197 issues are to be made available online as part of a major new digitisation project. Initially due to be opened to universities, schools, libraries and research institutions, BBC Worldwide has spent 18 months collaborating with digital archive specialists Cengage Learning to scan and index [...] 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]