The Lani Singers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Lani Singers
The Lani Singers tampil di Strawbale Studio, 2004
The Lani Singers tampil di Strawbale Studio, 2004
Informasi latar belakang
AsalPapua Barat
GenreMusik Dunia, Musik Foklor, Musik tradisional
Tahun aktif2002–sekarang
LabelDancing Turtle Records
Situs webwww.thelanisingers.com
AnggotaBenny dan Maria Wenda

The Lani Singers adalah suami dan istri, Benny dan Maria Wenda. Mereka berasal dari Lembah Baliem yang berada di wilayah dataran tinggi Papua Barat di barat daya Pasifik, dan memainkan lagu yang ditampilkan dalam ritual-ritual keramat darisuku Lani. Mereka mengklaim bahwa cara hidup untuk tinggal di bagian Papua Barat ini sebagian besar masih tidak berubah sejak Zaman Batu.[1]

Komposisi grup[sunting | sunting sumber]

Benny Wenda memainkan ukulele dan Maria memainkan gitar akustik. Mereka ditemani untuk penampilan langsung oleh anggota-anggota tambahan yang memainkan bass, gitar, dan drum Papua tradisional yang bernama Tiva. Grup tersebut bermain di acara-acara yang meliputi Glastonbury, Musicport (dan bermain lagi pada 2012[2] ), Port Eliot Festival, Thames Festival and Celebrating Sanctuary yang diadakan oleh Wali kota London. Mereka juga menjadi tamu khusus dalam acara English Heritage for the Summer Solstice di Stonehenge pada 2009.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

The Lani Singers merilis satu album yang berjudul Ninalik Ndawi. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah lagu kebebasan. Album tersebut dirilis pada November 2008 oleh label rekaman independen Britania Dancing Turtle Records.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Music Central feature". World Music Central. 2009-01-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-07. Diakses tanggal 2009-01-18. 
  2. ^ "Musicport 2012 lineup". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-04. Diakses tanggal 2012-08-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]