The Housekeeper and the Professor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Housekeeper and the Professor
Sampul edisi Indonesia
PengarangYōko Ogawa
Judul asli博士の愛した数式
PenerjemahStephen Snyder
NegaraJepang
BahasaJepang
GenreFiksi
Latar tempat/waktuJepang
Diterbitkan2006
PenerbitPicador
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1 Februari, 2009
Halaman192
PenghargaanHon'ya Taisho
ISBNISBN 978-0312427801

The Housekeeper and the Professor (博士の愛した数式, hakase no ai shita suushiki) (literally "The Professor's Beloved Equation") adalah sebuah novel karangan Yōko Ogawa yang berlatarkan era modern Jepang. Cerita berpusat pada Profesor ahli matematika, yang menderita kerusakan otak dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 1975 dan sejak saat itu hanya dapat menghasilkan kenangan selama 80 menit, dan interaksinya dengan asisten rumah tangga (narator) beserta putranya Root saat Profesor berbagi keindahan persamaan dengan mereka. Bibliografi novel mencantumkan buku The Man Who Loved Only Numbers, biografi ahli matematika Paul Erdős. Dikatakan bahwa Erdős digunakan sebagai model untuk Profesor. Diterbitkan di Jepang pada Agustus 2003, oleh Shinchosha. Pada tahun 2009, terjemahan bahasa Inggris oleh Stephen Snyder.[1]

Adaptasi filmnya dirilis pada 21 Januari 2006. Disutradarai oleh Takashi Koizumi.[2][3]

Berbeda dengan karya aslinya yang diceritakan dari sudut pandang narator, film ini ditampilkan dari sudut pandang Root yang berusia 29 tahun saat dia menceritakan ingatannya tentang Profesor kepada sekelompok murid baru. Meskipun ada beberapa perbedaan antara film dan karya aslinya (misalnya, film tersebut menyentuh hubungan antara Profesor dan ibu root, sementara bukunya tidak memberikan banyak detail), film tersebut secara umum sesuai dengan aslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Housekeeper and the Professor, translated by Stephen Snyder, New York : Picador, 2008. ISBN 0-312-42780-8
  2. ^ "The Professor and His Beloved Equation". mubi.com. Diakses tanggal 21 June 2021. 
  3. ^ "The Professor and His Beloved Equation (2006)". FilmAffinity (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 June 2021.