The Great British Bake Off

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Great British Bake Off, sering disebut sebagai Bake Off atau GBBO, adalah acara televisi yang memenangi penghargaan BAFTA di Inggris. Acara ini berisi kompetisi pembuatan kue dan roti antar koki amatir (para ibu rumah tangga, karyawan kantoran, dll.) yang ditayangkan oleh BBC Two. Serial ini pertama kali ditayangkan pada 17 Agustus 2010 yang dibawakan oleh Mel Giedroyc dan Sue Perkins, dengan juri Mary Berry (penulis buku masak yang terkenal) dan Paul Hollywood (baker profesional). Di Amerika acara ini ditayangkan dengan nama The Great British Baking Show.

Program ini dipindahkan ke BBC One pada musim kelima setelah menjadi acara yang paling populer di BBC Two selama empat musim sebelumnya. Popularitasnya ini berkat bergairahnya kembalinya minat dalam baking di seluruh UK. Banyak dari peserta, termasuk para pemenang, kemudian memulai karier hidupnya berdasarkan bakery. Para pemenang itu adalah Edd Kimber, Joanne Wheatley, John Whaite, Frances Quinn, Nancy Birtwhistle, dan yang paling baru-baru ini Nadiya Hussain (seri musim 2015).

Program ini telah melahirkan sejumlah acara-acara spesial dan spin-off – seri amal oleh para selebriti Sport Relief atau Comic Relief, Junior Bake Off untuk anak-anak (siaran pada CBBC channel), seri pendamping An Extra Slice, dan Bake Off: Crème de la Crème untuk para profesional pastry chef.[1] Format serial yang sejenis juga digunakan acara serial lain di BBC Two, yakni The Great British Sewing Bee dan The Great Pottery Throw Down. Format seri-seri ini telah dijual ke banyak negara di seluruh dunia di mana versi lokal dari serial ini diproduksi dan ditayangkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saffron Alexander (29 March 2016).