The Gods Must Be Crazy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Gods Must Be Crazy
Gods must be crazyposter.jpg
Sutradara Jamie Uys
Produser Jamie Uys
Penulis Jamie Uys
Pemeran N!xau
Sandra Prinsloo
Marius Weyers
Louw Verwey
Michael Thys
Paddy O'Byrne (as narrator)
Musik John Boshoff
Sinematografi Buster Reynolds
Penyunting Stanford C. Allen
Jamie Uys
Distributor Jensen Farley Pictures (1982 - AS, limited)
20th Century Fox (1984 - US, wide)
Sony Pictures (DVD)
Tanggal rilis
1980 (Afrika Selatan)
1982 (limited - USA)
13 Juli 1984 (luas - USA)
Durasi
109 menit
Negara Bendera Afrika Selatan Afrika Selatan
Bendera Botswana Botswana
Bahasa Inggris / Afrikaans / Juǀʼhoan / Ungwatsi
Anggaran $5 million

The Gods Must Be Crazy adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1980 yang ditulis dan disutradarai oleh Jamie Uys. Pengambilan film ini dilangsungkan di Botswana dan Afrika Selatan, mengisahkan seorang bernama Xi, seorang Sho yang berasal dari padang Kalahari, suku yang tidak memiliki pengetahuan tentang dunia luar. Film ini dibuat dalam empat sekuel dan serial akhir ketiga dibuat di Hong Kong.

Plot[sunting | sunting sumber]

Xi bersama suku bushmen San dari Ju'/Hoansi menjalani hidup yang baik di Gurun Kalahari . Mereka senang dan memiliki keyakinan bahwa para dewa telah memberikan banyak dari segala sesuatu, dan tidak ada satu di antara mereka yang punya keinginan. Suatu hari, sebuah botol kaca Coca-Cola dilemparkan keluar dari pesawat dan jatuh ke Bumi. Awalnya, orang Xi mengira ini adalah aneh pemberian para dewa dan menemukan banyak kegunaan untuk itu. Mereka lalu menggunakannya sebagai alat kerajinan. Tapi tidak seperti apa yang mereka harapkan sebelumnya, hanya ada satu botol kaca yang diberikan. Dengan semua orang yang saling menginginkan, mereka iri, marah dan bahkan melakukan kekerasan demi mendapatkan botol itu.

Sejak botol telah menyebabkan ketidakbahagiaan suku, Xi berkonsultasi dengan para tetua dan menyimpulkan bahwa itu adalah "benda jahat" yang para dewa "linglung" kirimkan untuk mereka. Mencatat bahwa beberapa usaha untuk membuang botol telah gagal, Xi setuju untuk melakukan ziarah ke tepi dunia dan melemparkan botol yang terkutuk itu.

Sepanjang jalan, ia bertemu beragam macam orang. Ada ahli biologi Andrew Steyn, Kate Thompson, guru sekolah desa yang baru direkrut; sebuah gerombolan teroris yang dipimpin oleh Sam Boga, dan sedang dikejar oleh pasukan pemerintah setelah serangan yang gagal, pemandu tur safari bernama Jack Hind serta asisten dan mekanik Steyn ini, M'pudi (yang memperbaiki Land Rover milik Steyn).

Ketika Xi lapar, dia menembak seekor kambing dengan obat penenang panah. Dia segera dipenjara karena usaha ini dianggap sebagai pencurian ternak. M'pudi, yang pernah tinggal bersama rakyat suku San dan masih berbicara dialek Xi, menyimpulkan bahwa Xi akan mati jika terus dipenjara. Dia dan Steyn mempekerjakan Xi sebagai tracker untuk sisa hukumannya sebagai pengganti penjara. Sementara itu, Sam Boga bersama pasukan gerilyawannya menyerang sekolah Kate dan membawa serta Kate dan siswanya sebagai perisai manusia untuk melarikan diri ke negara tetangga.

Steyn, M'pudi, dan Xi segera menuju jalan yang dilewati teroris tersebut. Mereka berhasil melumpuhkan gerilyawan dengan kemampuan mata-mata Xi dan menyelamatkan Kate bersama anak-anak. Tapi Jack Hind kemudian membawa Kate dan meninggalkan Steyn di tempat yang sama.

Dengan berakhirnya masa tahanan Xi, Steyn bersikeras untuk membayar upah dan mengirim dia dalam perjalanan. Steyn memberitahu Kate tentang masalah yang dia alami hingga ia selalu bersikap bodoh di hadapan wanita. Kate terkesan dan Steyn memulai hubungan dengan Kate meskipun kecanggungan akut nya terhadap perempuan.

Xi akhirnya menemukan dirinya di Jendela Dewa, puncak tebing dengan lapisan awan dataran rendah yang mengaburkan pemandangan bawah. Ini meyakinkan Xi bahwa ia telah mencapai ujung dunia, dan dia melempar botol dari tebing. Xi kemudian kembali ke sukunya dan menerima sambutan hangat dari keluarganya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Gods Must Be Crazy dirilis di Afrika Selatan pada tahun 1980 oleh Ster Kinekor Picturers dan menjadi pemecah rekor box-office di negara itu. Untuk rilis di luar negeri percakapan film dalam bahasa asli Afrikaans dialog didubbing dalam bahasa Inggris, dan tugas sulih suara diberikan untuk Kung! Dan Tswana. Pada saat itu, film ini juga memecahkan rekor box office di Jepang dan memecahkan rekor box office untuk film asing di Amerika Serikat. Pada pertengahan November 1986, The Gods Must Be Crazy dirilis dalam bentuk kaset video di AS oleh CBS / Fox melalui label Playhouse Video mereka.

Penerimaan

Berdasarkan 19 ulasan, The Gods Must Be Crazy telah mendapatkan skor 95% "Fresh" di Rotten Tomatoes. Kritikus film Roger Ebert memberi film tiga bintang dari empat, dan mengatakan dalam kesimpulannya: "Mungkin mudah untuk membuat lelucon tentang kejadian sinting di padang pasir, tapi itu jauh lebih sulit untuk menciptakan interaksi yang lucu antara alam dan sifat manusia. film ini adalah harta kecil yang bagus ".

Aftermath

Meskipun film ini meraup lebih dari $ 100 juta di seluruh dunia, N!xau dilaporkan memperoleh kurang dari $2.000 untuk peran yang dibintanginya. Sebelum kematiannya, Uys mendapatkan tambahan $ 20.000 serta uang saku bulanan.

Penayangan di Televisi Indonesia

Di Indonesia, film ini pernah ditayangkan di Global TV sebagai bagian dari serial Big Movies dalam versi dubbing Bahasa Inggris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]