The Dress (fenomena Internet)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

The Dress, (Gaun) dikenal juga sebagai Dressgate[1] dan terkait dengan tagar #thedress, #whiteandgold, dan #blackandblue,[2] adalah foto dan meme Internet yang menjadi fenomena Internet pada 26 Februari 2015. Meme ini berasal dari sebuah foto berkualitas rendah dari sebuah gaun yang dipos di layanan jejaring sosial Facebook dan Tumblr—mempermasalahkan apakah gaun di foto tersebut berwarna biru dan hitam, atau putih dan emas.

Walaupun telah dipastikan bahwa gaun tersebut berwarna biru dan hitam,[3] foto tersebut menyebabkan diskusi mengenai hal ini di berbagai platform, dengan para pengguna memberi opininya tentang warna gaun dan mengapa mereka melihat gaun tersebut memiliki warna tertentu. Anggota ilmuan ilmu saraf dan penglihatan warna memberikan komentar ilmiah tentang ilusi optis.[4] Gaun tersebut, yang teridentifikasi sebagai produk dari pengecer Roman Originals, mengalami penjualan tinggi akibat fenomena Internet ini.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "#Dressgate: The white and gold dress making our mind work until it's black and blue". Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 27 February 2015. 
  2. ^ Klassen, Anna (26 February 2015). "What Colors Are This Dress? White & Gold or Black & Blue? The Internet Is Going Insane Trying To Find Out — PHOTO". Bustle. Diakses tanggal 27 February 2015. 
  3. ^ "Optical illusion: Dress colour debate goes global". bbc.co.uk. Diakses tanggal 28 February 2015. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama wired-science
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama nydn-romanoriginals