The City (novel Pidmohylny)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The City
1929 edition of the novel
PengarangValerian Pidmohylny
NegaraSoviet Union
BahasaUkrainian
GenreUrban novel, philosophical novel [1]
Tanggal terbit
1928
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
2024

The City (Ukraina: Місто) adalah novel urban karya penulis Ukraina Valerian Pidmohylny, diterbitkan pada tahun 1928. Terjemahan bahasa Inggris pertama akan diterbitkan pada tahun 2024.

Pidmohylny menciptakan novel modern yang berfokus pada permasalahan perkotaan dan menyentuh pertanyaan filosofis tentang keberadaan. Dalam novel ini jiwa karakter dianalisis dan konflik terjadi antara orang-orang dengan pandangan dunia berbeda. Misto adalah novel urban pertama dalam sastra Ukraina, dengan karakter, isu, dan gaya naratif baru.

Sejarah penulisan[sunting | sunting sumber]

Dalam novel Valerian Pidmohylnyi menggambarkan pemuda petani Ukraina, yang pada awal tahun 1920-an pergi dalam jumlah ribuan ke kota untuk menaklukkan mereka, menuangkan darah segar petani ke dalamnya, dan menghilangkan antagonisme Ukraina antara kota dan desa. Novel ini tidak seperti prosa populis tradisional abad ke-19 karena novel Eropa abad ke-19 – awal abad ke-20 menjadi pedoman penulisnya. Ia mempelajari tradisi Romance of Honoré de Balzac, Guy de Maupassant, Anatole France, Jack London, dan domestik – Ahatanhel Krymsky, Volodymyr Vynnychenko.

Plot cerita[sunting | sunting sumber]

Kisah ini disajikan oleh kisah jiwa Stepan Radchenko. Dia adalah seorang pemuda pedesaan energik yang tiba di Kyiv untuk masuk ke universitas ekonomi dan berharap bisa kembali dengan membawa pengetahuan baru ke desa tersebut. Stepan tidak mendapatkan apa pun di ibu kota Ukraina. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, kota tersebut ditaklukkan secara bertahap. Stepan menetap di pinggiran kota yang kehidupannya tidak jauh berbeda dengan pedesaan. Kemudian dia pindah lebih dekat ke pusat kota, menyewa apartemen terpisah. Di akhir novel, dia merasa dirinya sebagai pemilik kota: "Kota itu terletak dengan rendah hati di bawah bebatuan bergelombang, ditandai dengan titik-titik api, dan merentangkannya dari kegelapan perbukitan dengan jari-jari batu yang tajam." Singkatnya, ini adalah Impresionisme : dari pecahan benda, orang, dan suara, pengarang membuat potret kota. Saat Stepan berasimilasi di Kyiv, persepsinya berubah. Mengganti pakaian menyertainya menjadi seorang proletar. Pada awalnya, sekretaris biro tersebut menyarankan Radchenko untuk berganti pakaian: "Semua kesengsaraan di Ukraina disebabkan oleh cara berpakaian yang buruk." Sebelum berbelanja pakaian modis dan mahal, Stepan masih percaya bahwa hanya dengan mengubah penampilannya saja dia bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa. Saat pindah ke rumah baru, Stepan membakar pakaian lamanya. Selama novel, kita dapat mengamati bahwa Stephen menaiki tangga kehidupan kota. Di Kyiv dia menjadi tertarik pada sastra, mulai menulis, dan akhirnya menjadi penulis terkenal. Dia yakin bahwa dia pergi untuk menaklukkan kota. Stepan berpikir kota membutuhkan "darah segar desa" yang akan mengubah "penampilan dan keberadaannya. Dan dia adalah salah satu perubahan yang harus dimenangkan." Namun, lambat laun pikiran untuk kembali menghilang. Pidmohylnyi tidak mempunyai tujuan untuk membuat deskripsi dokumenter tentang medium penulisnya. Dia menunjukkan kelahiran penulis, keberhasilan dan kegagalannya, pengembaraannya di berbagai dunia novel. Kalimat terakhir novel ini berakhir tepat ketika kisah Stepan Radchenko dimulai: "Kemudian, dalam keheningan lampu di atas meja, dia menulis sebuah cerita tentang manusia."

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Stepan Radchenko – protagonis
  • Nadiia – seorang gadis dari desa
  • Levko – seorang pelajar
  • Hanna dan Niusia – teman Nadiia
  • Luka Hnidyi – seorang penjaga toko, yang menyewakan kepada Stepan
  • Tamara (Musinka) – istri pemilik toko, simpanan Stepan
  • Maksym – putra Tamara dan penjaga toko
  • Borys – seorang pelajar, teman Stepan
  • Zoska – seorang gadis kota, simpanan Stepan
  • Ryta – seorang balerina
  • Vyhorsky – seorang penyair, teman Stepan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://books.huri.harvard.edu/books/the-city

Tautan luar[sunting | sunting sumber]