The Albuquerque Tribune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Albuquerque Tribune
Tipesurat kabar harian
FormatLembar lebar
PemilikE. W. Scripps Company
PenerbitAlbuquerque Publishing Company
RedaksiPhill Casaus
Didirikan1922
Berhenti publikasi23 Februari 2008[1]
Pusat7777 Jefferson NE
Albuquerque, New Mexico 87109  Amerika Serikat
Sirkulasi surat kabar10.000 (ketika penutupan diumumkan)[1]
ISSN1097-2048
Situs webabqtrib.com

The Albuquerque Tribune adalah surat kabar sore di Albuquerque, New Mexico, didirikan pada tahun 1922 oleh Carlton Cole Magee sebagai Magee's Independent. Surat kabar ini diterbitkan pada sore dan malam pada hari Senin sampai Sabtu.

Scott Ware menjabat sebagai editor dari tahun 1995 hingga 2001.[2] Jurnalis terkenal lainnya yang bekerja di Tribune termasuk Ollie Reed,[3] Joline Gutierrez Krueger,[4] dan Terri Burke,[5] yang kemudian menjabat sebagai direktur eksekutif Texas ACLU.[6]

Pada tanggal 20 Februari 2008, E. W. Scripps Company mengumumkan bahwa Tribune akan ditutup, efektif tanggal 23 Februari 2008.[1] Penutupan ini menyusul upaya tujuh bulan yang dilakukan perusahaan untuk menjual surat kabar tersebut, yang telah peredarannya menurun dari 42.000 pada tahun 1988 menjadi sekitar 10.000 pada tahun 2008.[1] Gubernur Bill Richardson dari New Mexico menyatakan hari terakhir surat kabar tersebut sebagai "Hari Albuquerque Tribune" di negara bagiannya, untuk "merayakan sejarah panjang dan kebanggaan Tribune serta pengabdiannya yang terhormat kepada negara."[7]

Eileen Welsome dari The Albuquerque Tribune memenangkan Pulitzer Prize for National Reporting pada tahun 1994 untuk serialnya yang berjudul The Plutonium Experiment, sebuah serial tentang eksperimen radiasi manusia yang berlangsung di Walter E. Fernald State School Massachusetts, di antara lokasi lainnya.

[sunting | sunting sumber]

Logo surat kabar dan logo seluruh jaringan surat kabar Scripps-Howard, yang menggambarkan mercusuar, terinspirasi oleh slogan asli pendiri Magee: "Give Light and the People Will Find Their Own Way";[1] slogan tersebut diadopsi dari Dante.

Perjanjian operasi bersama[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Februari 1933, The Albuquerque Tribune membentuk perjanjian operasi bersama (JOA) pertama di negara itu, yang diberi nama "Rencana Albuquerque," dengan Albuquerque Journal sebagai tanggapan terhadap Depresi Besar. JOA mendirikan Perusahaan Penerbitan Albuquerque dan menggabungkan Albuquerque Evening Journal dengan Tribune (yang pada saat itu berganti nama dari New Mexico State Tribune menjadi The Alburquerque Tribune.)

The Albuquerque Tribune dan Albuquerque Journal menggabungkan mesin cetak, periklanan, dan sirkulasi namun tetap menjadi entitas editorial yang terpisah. Sebagai bagian dari perjanjian operasi bersama, Tribune hanya menjadi surat kabar lokal, dengan fokus pada isu-isu di wilayah metropolitan Albuquerque.

Meskipun JOA berakhir ketika Scripps menutup surat kabar tersebut, Scripps tetap mempertahankan kepemilikannya (sekitar 40%) di Perusahaan Penerbitan Albuquerque, memberikan Scripps bagian yang sesuai dalam keuntungan Jurnal Albuquerque di masa depan.[8] Scripps belum menawarkan untuk menjual sahamnya di JOA ketika mencoba menjual surat kabar tersebut, sesuatu yang dicatat oleh Editor & Publisher adalah faktor lain dalam ketidakmampuan Scripps untuk menemukan pembeli untuk Tribune.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Albuquerque Tribune to cease publication dari situs web E. W. Scripps
  2. ^ "American Journalism Review - Archives". ajrarchive.org. Diakses tanggal 2021-07-14. 
  3. ^ Matt Mygatt. "Albuquerque's 'Tribune' bids farewell". Santa Fe New Mexican (dalam bahasa Inggris). Associated Press. Diakses tanggal 2021-07-14. 
  4. ^ Frosch, Dan (2017-12-08). "Opioids: The Mother Who Knew Everything and Saw Nothing". Wall Street Journal (dalam bahasa Inggris). ISSN 0099-9660. Diakses tanggal 2021-07-14. 
  5. ^ Staff, ABQJournal News. "6:50am -- Former Trib ME To Head Texas ACLU". www.abqjournal.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-14. 
  6. ^ "ACLU News & Commentary". American Civil Liberties Union (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-14. 
  7. ^ Governor Richardson Proclaims Albuquerque Tribune Day[pranala nonaktif permanen], siaran pers dari Kantor Gubernur New Mexico
  8. ^ a b Tribune Is Gone — But Scripps Still Sharing Profits In Albuquerque Diarsipkan 17 Juni 2009 di Wayback Machine., artikel tanggal 25 Februari 2008 dari Editor & Publisher

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]