The 8-Year Engagement

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The 8-Year Engagement
8-Year Engagement.jpg
Poster rilis teater
SutradaraTakahisa Zeze
PenulisYoshikazu Okada
PemeranTakeru Sato
Tao Tsuchiya
SinematografiKoichi Saito
Tanggal rilis
  • 16 Desember 2017 (2017-12-16) (Jepang)
Durasi
119 menit
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang

The 8-Year Engagement (8年越しの花嫁 奇跡の実話, 8-nengoshi no Hanayome: Kiseki no Jitsuwa) adalah film Jepang 2017 yang disutradarai oleh Takahisa Zeze. Itu berdasarkan buku autobiografi oleh Hisashi Nishozawa dan Mai Nakahara.[1]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Tinggal di Okayama, Hisashi bertemu Mai untuk pertama kalinya pada pesta restoran, tapi ia membiarkannya tahu ia tidak menyukai sikap cemberutnya. Ia meminta maaf, mengatakan ia sakit perut sepanjang hari, dan Mai, merasa bersalah, dengan riang melihatnya pergi. Keduanya mulai berkencan dan setelah beberapa bulan, Hisashi yang pemalu akhirnya mengajaknya menikah. Ia mengiyakannya dan mereka pergi begitu jauh ketika memesan tempat untuk upacara saat Mai mulai menderita hilang ingatan. Suatu hari ia tiba-tiba mengalami kejang ekstrem disertai histeria.

Di rumah sakit, ia menderita serangan jantung, bahkan setelah dokter menyelamatkannya, ia tetap koma. Ia didiagnosis menderita anti-NMDA receptor encephalitis, suatu bentuk peradangan otak. Hisashi mengunjungi rumah sakit setiap hari dan membantu merawatnya bersama orangtuanya Hatsumi dan Kōji. Mereka mulai khawatir tentang Hisashi, dan mengatakan kepadanya suatu hari untuk tidak mengunjunginya lagi, menyarankannya melanjutkan hidupnya. Ia menolak, mengingat janjinya menikah dengan Mai. Hatsumi masih senang mendengar tekadnya, memikirkannya sekarang sebagai anggota keluarga. Lebih dari setahun kemudian, Mai akhirnya bangun dari koma, tetapi menurut dokter, perlu memulai dari awal lagi, belajar kembali bagaimana berbicara dan menggerakkan tubuhnya.

Setelah beberapa tahun rehabilitasi, Mai tetap di kursi roda, namun sebagian besar kembali ke dirinya yang ceria. Tapi itu menjadi jelas ia tidak mengingat apapun tentang Hisashi sebelum koma. Dia mati-matian mencoba mengingat, bahkan pergi ke tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi, tetapi usahanya hanya menjadi beban bagi tubuhnya yang masih lemah. Hisashi memutuskan yang terbaik adalah tidak melihat Mai lagi dan pindah ke Pulau Shōdo.

Suatu hari, Mai kebetulan mendapati aula upacara di mana mereka telah memesan tanggal untuk pernikahan mereka. Petugas mengenalinya dan mengatakan kepadanya bahwa Hisashi masih mempertahankan reservasi, menundanya setiap tahun, tetapi tetap pada tanggal yang sama: 17 Maret, hari pertama mereka bertemu. Menyadari bahwa tanggal itu adalah kata sandi yang ia lupakan untuk ponselnya, ia membukanya untuk melihat bahwa Hisashi telah mengirim videonya selama bertahun-tahun untuk menyemangatinya bahkan ketika ia sedang koma. Mai bergegas ke Shodo untuk bertemu Hisashi. Ia mengatakan bahwa bahkan meski ia tidak ingat, ia masih ingin menikah dengannya. Cerita berakhir dengan pernikahan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Film ini sukses di box office Jepang, menjual lebih dari dua juta tiket dan mendapatkan ¥2,5 miliar di box office pada 28 Januari 2018.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Award ceremony Category Nominee Result
Penghargaan Akademi Jepang ke-41[3] Aktor Terbaik Takeru Satoh Nominasi
Aktris Terbaik Tao Tsuchiya Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik Hiroko Yakushimaru Nominasi
Musik Terbaik Takatsugu Muramatsu Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The 8-Year Engagement film review: tear-jerking Japanese romance based on an incredible true story". South China Morning Post. 2018-05-07. Diakses tanggal 2019-09-08. 
  2. ^ "『8年越しの花嫁』興収25億円&動員200万人突破! - シネマトゥデイ". シネマトゥデイ (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 February 2018. 
  3. ^ 第41回日本アカデミー賞 最優秀賞決定! (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 2019-02-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]